Deretan Keris Langka yang Diburu para Kolektor, Harganya Miliaran!

Rabu, 06 Juli 2022 - 15:42 WIB
loading...
A A A
Untuk memenuhi pesanan keris tersebut, konon Mpu Gandring melakukan tirakat, puasa, dan ritual khusus sebelum memilih bahan untuk membuat keris agar keris tersebut bertuah. Ketika keris sudah jadi, Mpu Gandring pun tinggal membuat sarung keris.

Namun belum lagi sarung tersebut selesai dibuat, Ken Arok datang mengambil keris tersebut yang menurutnya sudah satu hari dan harus diambil. Kemudian, Ken Arok menguji keris tersebut dan diakhiri dengan menusuk Mpu Gandring guna menambah kekuatan keris. Dengan dendamnya, Mpu Gandring pun mengeluarkan kutukan bahwa keris tersebut akan meminta korban nyawa tujuh turunan dari Ken Arok.

Keris Kyai Sabuk Inten
Deretan Keris Langka yang Diburu para Kolektor, Harganya Miliaran!

Salah satu keris termahal selain Keris Naga Raja adalah Keris Sabuk Inten dari Blitar. Keris ini sempat dipamerkan dalam rangkaian acara Bulan Bhakti Bung Karno. Keris peninggalan Kerajaan Majapahit ini dibanderol dengan harga Rp3 miliar.

Selain karena langka, Keris Kyai Sabuk Inten juga mempunyai harga yang mahal karena sudah berusia tua. Keris kuno ini diperkirakan sudah berumur 5 abad atau 500 tahun.

Keris Kiai Carito Buntolo
Deretan Keris Langka yang Diburu para Kolektor, Harganya Miliaran!

Keris Kiai Carito Buntolo juga merupakan keris langka yang diburu para kolektor. Sekilas, keris ini memang terlihat spesial dibandingkan keris lainnya. Pegangan kerisnya dilapisi emas dan dihias oleh batu zamrud dan batu permata berwarna-warni. Tidak tanggung-tanggung, keris ini dihargai cukup fantastis, yaitu Rp1 miliar.

Keris ini dimiliki oleh seorang kolektor keris bernama Nurjianto. Ia menjelaskan bahwa keris ini didapatnya dari seorang Cokorda dari Istana Klungkung, Bali pada tahun 2016.



Selain itu, keris ini juga ditatah di atas logam emas murni, menggunakan bahan gading untuk pegangannya, serta memiliki fisiknya masih utuh. Ditambah lagi, keris ini dimiliki oleh raja-raja Majapahit secara turun-temurun. Tidak heran, Keris Kiai Carito Buntolo dihargai fantastis.
(dan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2399 seconds (0.1#10.140)