Gagahnya Penampakan Jet Tempur KF-21 Boramae Korsel, Bersiap Uji Penerbangan Perdana

Rabu, 06 Juli 2022 - 22:17 WIB
loading...
Gagahnya Penampakan Jet Tempur KF-21 Boramae Korsel, Bersiap Uji Penerbangan Perdana
Penampakan jet tempur KF-21 Boramae di Bandara Sacheon, Korea Selatan, yang direkam dan disebarkan di media sosial tampak begitu gagah. Foto/The War Zone/Twitter
A A A
SEOUL - Penampakan jet tempur KF-21 Boramae di Bandara Sacheon, Korea Selatan , yang direkam dan disebarkan di media sosial tampak begitu gagah. Korea Selatan tampaknya telah melakukan percepatan untuk mewujudkan jet tempur KF-21 barunya dan siap memulai pengujian penerbangan perdana.

Dalam cuplikan rekaman tanpa tanggal tersebut, pesawat tempur generasi berikutnya KF-21 Korea Selatan sedang mempersiapkan penerbangan pertamanya. Tes ini direncanakan dilakukan sebelum akhir bulan ini, sebagai kelanjutan mesin statis pesawat tempur bermesin ganda baru-baru ini.

Rekaman yang diambil dari luar fasilitas produksi Korea Aerospace Industries (KAI) di Sacheon menunjukkan prototipe pertama KF-21 Boramae, yang berarti elang dalam bahasa Korea meluncur melintasi jalan yang ditutup sementara. Fasilitas KAI terletak di dekat Bandara Sacheon, yang melayani kota Jinju di tenggara Korea Selatan.



Laporan menunjukkan bahwa jet itu menuju utara dari pabrik KAI ke landasan utama bandara. Sesampai di sana, pilot uji membuka throttle mesin General Electric F414-GE-400K yang dipasok AS, dan pesawat melakukan lari kecepatan tinggi singkat sebelum melambat. Uji coba semacam ini menunjukkan kemungkinan persiapan uji penerbangan pertama pesawat yang segera dilakukan.

Dari sejumlah laporan yang belum dikonfirmasi menunjukkan bahwa penerbangan perdana KF-21 diperkirakan dilakukan pada 22 Juli 2022. Sebanyak enam prototipe pesawat dijadwalkan akan selesai, dengan pekerjaan perakitan yang sedang berlangsung setidaknya pada prototipe kedua, ketiga, dan keempat.
Gagahnya Penampakan Jet Tempur KF-21 Boramae Korsel, Bersiap Uji Penerbangan Perdana


Akhir bulan lalu, video resmi muncul menunjukkan prototipe pertama menjalani tes mesin statis, dengan roda pendaratan yang dimanfaatkan ke tanah di ruang uji di Sacheon. Kedua mesin tampaknya digulung hingga tenaga penuh dengan afterburner penuh dipilih.



Diketahui perakitan prototipe pertama KF-21 telah dimulai pada tahun 2020, dengan peluncuran perdana berlangsung pada tahun 2021. Korea Selatan sedang mengembangkan KF-21 untuk menggantikan pesawat tempur Angkatan Udara Republik Korea (ROKAF) F-4E Phantom II dan F-5E/F Tiger II.

Berdasarkan rencana saat ini, ROKAF diharapkan mendapatkan 40 unit jet tempur KF-21 pada tahun 2028 dan memiliki armada penuh 120 pesawat pada tahun 2032. Sebanyak 50 jet lainnya diharapkan akan dipesan oleh Indonesia, yang merupakan mitra dalam program tersebut.
Gagahnya Penampakan Jet Tempur KF-21 Boramae Korsel, Bersiap Uji Penerbangan Perdana
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2665 seconds (0.1#10.140)