Gagahnya Penampakan Jet Tempur KF-21 Boramae Korsel, Bersiap Uji Penerbangan Perdana

Rabu, 06 Juli 2022 - 22:17 WIB
loading...
A A A
Program pesawat tempur KF-21 diperkirakan memiliki nilai total sekitar USD7,4 miliar (sekitar Rp60,023 triliun). Secara keseluruhan, munculnya penampakan jet tempur KF-21 di Bandara Sacheon ini adalah jadwal yang agresif untuk program pesawat tempur modern.



Dikutip SINDOnews dari laman The War Zone, jet tempur KF-21 mengambil pendekatan yang lebih terukur untuk desain low-observable dan dimaksudkan untuk menjembatani kesenjangan antara F-35 dan F-16 generasi keempat, dalam hal kemampuan.

Pada awalnya, persenjata jet tempur KF-21 akan dibawa secara eksternal, pada enam cantelan di bawah sayap dan empat cantelan di bawah badan pesawat. Namun,dalam perkembangannya menggabungkan pengangkutan senjata internal untuk mengurangi deteksi radar secara keseluruhan.

Jet tempur KF-21 menggunakan radar AESA yang dikembangkan secara lokal, usaha kolaboratif antara Hanwha Systems dan LIG Nex1, tampaknya semakin cepat. Versi Blok 2 dari KF-21 juga akan dapat meluncurkan rudal standoff terhadap target darat.



Hampir pasti, jet tempur KF-21 akan lebih murah untuk dioperasikan daripada F-35 dan tidak memerlukan infrastruktur pendukung yang begitu luas. Jadi potensi jet tempur KF-21 juga dapat menemukan ceruk di pasar ekspor cukup terbuka lebar.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1902 seconds (0.1#10.140)