Ini Mesin Pembunuh Rusia yang Ditakuti Ukraina, Howitzer Msta-S Penghancur Tank Berpemandu Laser

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:33 WIB
loading...
Ini Mesin Pembunuh Rusia yang Ditakuti Ukraina, Howitzer Msta-S Penghancur Tank Berpemandu Laser
Salah satu persenjataan Rusia yang menjadi mimpi buruk bagi pasukan Ukraina di medan perang, adalah howitzer self-propelled Msta-S. Foto/BulgarianMilitary/Youtube
A A A
KIEV - Salah satu persenjataan Rusia yang menjadi mimpi buruk bagi pasukan Ukraina di medan perang, adalah howitzer self-propelled Msta-S. Meskipun termasuk artileri tua era Uni Soviet, senjata yang sudah dimodernisasi dengan berpemandu laser ini mampu menghancurkan target musuh secara presisi dari jarak maksimal 30 kilometer.

Portal online Belgia Army Recognition menganalisis bahwa howitzer self-propelled Msta-S milik Rusia adalah mimpi buruk bagi Ukraina. Menurut portal Belgia itu, howitzer self-propelled era Soviet inilah yang merupakan tulang punggung artileri Rusia dalam perang dengan Ukraina.

Dikutip SINDOnews dari laman Bulgarian Military, Kamis (7/7/2022), artileri Msta-S adalah howitzer self-propelled 152,4 mm yang dikembangkan pada 1980-an. Senjata ini sudah sering berpartisipasi dalam beberapa konflik, sebagian besar regional ke Federasi Rusia, seperti Perang Chechnya Kedua, Perang di Donbas, konflik Nagorno-Karabakh 2020, dan invasi Rusia 2022 ke Ukraina.



Howitzer ini memiliki berat sekitar 42 ton, bergantung pada jenis amunisinya. Kehebatannya, senjata ini mampu menembakkan hingga 10 peluru per menit dengan jangkauan maksimalnya bisa mencapai 28 kilometer.

Msta-S dipersenjatai dengan meriam 152mm 2A65, yang notanya adalah meriam utama dari howitzer yang ditarik dari seri Msta-B yang sama. Senjata ini, bahkan dalam versi howitzer yang ditarik, dapat menembakkan proyektil artileri yang dipandu laser.

Ada kasus yang terdokumentasi di Ukraina pada 29 April 2022, selama pengepungan pabrik Azovstal di Mariupol, sebuah tank Ukraina benar-benar hancur oleh proyektil artileri berpemandu laser – 2K25 Krasnopol. Selain di Ukraina, 2K25 Krasnopol terus digunakan dalam perang di Suriah dan sistem persenjataan ini digunakan di Aljazair, China, dan India.

Untuk 2K25 Krasnopol berbobot 50 kg dan selain kaliber 152 mm juga diproduksi varian kaliber 155 mm. Jangkauan operasional dari 20 hingga 25 km dan menggunakan hulu ledak high explosive (HE).



Peluru artileri 2K25 Krasnopol ditembakkan terutama dari howitzer self-propelled Soviet seperti 2S3 Akatsiya dan 2S19 Msta-S dan dimaksudkan untuk menyerang target darat kecil seperti tank. Termasuk tembakan langsung lainnya, titik kuat musuh, atau target titik penting lainnya yang terlihat secara visual dalam pengamat.
Ini Mesin Pembunuh Rusia yang Ditakuti Ukraina, Howitzer Msta-S Penghancur Tank Berpemandu Laser
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3322 seconds (0.1#10.140)