4 Negara Ini Mampu Membuat Rudal Hipersonik, Nomor 1 dan 2 Musuh Bebuyutan

Sabtu, 23 Juli 2022 - 12:06 WIB
loading...
4 Negara Ini Mampu Membuat Rudal Hipersonik, Nomor 1 dan 2 Musuh Bebuyutan
Sejumlah negara adidaya dan maju sudah mampu membuat rudal hipersonik. Bahkan Rusia yang sudah mampu membuat rudal hipersonik lebih dulu, telah menggunakan dalam perang melawan Ukraina. Foto/The War Zone
A A A
JAKARTA - Rudal hipersonik menjadi senjata pamungkas yang mengerikan bagi siapa pun karena kecepatannya menembus Mach 5. Dengan laju 5 kali kecepatan suara rudal hipersonik sulit dideteksi dan dinetralisir lawan.

Sejumlah negara adidaya dan maju sudah mampu membuat rudal hipersonik sebagai senjata andalan untuk melawan musuh. Bahkan Rusia yang sudah mampu membuat rudal hipersonik lebih dulu, telah menggunakan dalam perang melawan Ukraina.

Selain Rusia, China juga sudah mampu memproduksi rudal hipersonik yang mampu menghancurkan kapal militer musuh. Terbaru Amerika Serikat mengumumkan sukses melakukan uji coba penembakan rudal hipersonik. Berikut daftar negara yang sudah mampu membuat rudal hipersonik dirangkum SINDOnews dari berbagai sumber.

1. Rusia
4 Negara Ini Mampu Membuat Rudal Hipersonik, Nomor 1 dan 2 Musuh Bebuyutan


Rusia bisa dikatakan sebagai salah satu negara terdepan dalam pengembangan dan pembuatan rudal hipersonik. Bahkan Rusia sudah menggunakan rudal hipersonik pertama kali dalam perang melawan Ukraina pada Sabtu 19 Maret 2022.

Rusia menembakan rudal hipersonik Kh-47M2 Kinzhal dari pesawat tempur Mig 31K. Rudal Kinzhal berbobot sekitar 1.000 pon (480 kilogram) dan hulu ledaknya dapat diganti dengan nuklir berbobot sama (480 Kg) dan kekuatan ledakannya setara 100 sampai 500 kiloton TNT.

Rudal Kinzhal adalah salah satu dari beberapa senjata berteknologi tinggi yang diluncurkan Rusia pada 2018. Presiden Rusia Vladimir Putin menyebut rudal Kinzhal sebagai "senjata ideal" karena bisa ditembakkan dari pesawat tempur Mig 31K.



2. Amerika Serikat
4 Negara Ini Mampu Membuat Rudal Hipersonik, Nomor 1 dan 2 Musuh Bebuyutan


Amerika Serikat yang dikenal sebagai musuh bebuyutan Rusia dalam dominasi perlombaan senjata militer, bisa dikatakan tertinggal dalam pengembangan rudal hipersonik. Bahkan Amerika Serikat tertinggal dari China dalam teknologi rudal hipersonik, yang mampu terbang di orbit.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1638 seconds (0.1#10.140)