5 Ikan Tercepat di Dunia, Nomor 1 Tembus 100 Km Per Jam

Senin, 25 Juli 2022 - 21:48 WIB
loading...
5 Ikan Tercepat di Dunia, Nomor 1 Tembus 100 Km Per Jam
Umumnya, ikan yang memiliki bentuk lebih ramping dengan moncong runcing dan ekor pendorong yang lebar mampu bergerak di air dengan cepat. Foto/Ist/Dictio Community
A A A
JAKARTA - Ada sekitar 30.000 spesies ikan yang dikenal di Bumi yang menghuni laut, samudra, sungai, dan danau. Beberapa jenis ikan mampu mengembangkan kecepatan yang luar biasa, mampu mencapai 110 km per jam.

Umumnya, ikan yang memiliki bentuk lebih ramping dengan moncong runcing dan ekor pendorong yang lebar mampu bergerak di air dengan cepat. Dua faktor lain yang mempengaruhi kecepatan ikan di dalam air adalah sifat permukaan atau kulitnya, dan sifat aliran air di atas permukaan itu.

Seperti diketahui, air kira-kira 800 kali lebih padat daripada udara dan memiliki viskositas yang jauh lebih tinggi. Oleh karena itu, ikan dengan tubuh berbentuk torpedo, seperti billfish dan tuna, terbukti menjadi perenang yang lebih baik. Berikut 5 ikan tercepat yang dirangkum SINDOnews dari laman Dipndive, Senin (25/7/2022).

1. Ikan Layar (Sailfish)
5 Ikan Tercepat di Dunia, Nomor 1 Tembus 100 Km Per Jam


Ikan layar atau sailfish berada di puncak papan peringkat ikan tercepat di planet Bumi dengan kecepatan maksimal 110 km per jam. Ikan yang banyak ditemukan diSamudra Hindia dan Pasifik merupakan salah satu ikan buruan yang paling berharga.

Untuk ukuran, ikan layar umumnya tidak tumbuh lebih dari 3 meter panjangnya dan jarang memiliki berat lebih dari 90 kg. Karakteristik penting dari ikan layar adalah sirip punggung tegak yang dikenal sebagai layar dan paruh yang memanjang.



2. Marlin
5 Ikan Tercepat di Dunia, Nomor 1 Tembus 100 Km Per Jam


Ikan Marlin, bagian dari keluarga billfish, tidak hanya termasuk yang tercepat, tetapi juga terbesar di dunia. Marlin biru betina, yang secara signifikan lebih besar dari jantan, dapat mencapai panjang 4,3 meter dan berat lebih dari 900 kg.

Ikan marlin dalam berenang dengan kecepatan maksimum 80 km per jamdan banyak ditemukan di daerah tropis dan sedang di Samudera Indo-Pasifik. Daging Marlin sebagian besar muncul di restoran gourmet mewah sebagai makanan lezat.



3. Wahoo
5 Ikan Tercepat di Dunia, Nomor 1 Tembus 100 Km Per Jam


Wahoo adalah ikan scombrid yang bisa tumbuh hingga 2,5 meter panjangnya dan beratnya mencapai 83 kg. Ikan Wahoo berenang dengan kecepatan maksimal 78 km per jam Kecepatan sehingga disukai kalangan olahraga memancing.

Wahoo biasa ditemukan diperairan tropis dan sub-tropis di seluruh dunia. Makanan wahoo terdiri dari ikan pelagis serta cumi-cumi. Terlebih lagi, daging ikan ini berwarna putih, halus dan sangat disukai oleh banyak pecinta kuliner.



4. Ikan Tongkol (Tunny)
5 Ikan Tercepat di Dunia, Nomor 1 Tembus 100 Km Per Jam


Tunny atau ikan tongkol adalah termasuk ikan buruan yang luar biasa dan mampu berenang dengan kecepatan 74 km per jam. Sama seperti wahoo, ikan tongkol dikenal karena kekuatan dan ketahanannya untuk ditangkap.

Tunny memiliki tubuh kokoh yang dibangun untuk berenang yang kuat dan dapat hidup hingga usia 10 tahun. Ikan ini memakan ikan dan cumi-cumi lain. Kadang ikan tongkol juga sering digunakan sebagai umpan untuk memancing hiu dan marlin, karena kandungan minyaknya yang tinggi.



5. Tuna Sirip Biru
5 Ikan Tercepat di Dunia, Nomor 1 Tembus 100 Km Per Jam


Sirip biru adalah salah satu spesies ikan tuna terbesar dan juga tercepat karena mampu berenang dengan kecepatan maksimum 70 km per jam. Mereka sangat dihargai sebagai makanan untuk konsumsi manusia dan paus pembunuh.

Tuna sirip biru muda membentuk gerombolan besar yang dapat dengan mudah diamati pada malam hari. Selain nilai komersialnya sebagai makanan, tuna sirip biru juga merupakan ikan buruan yang populer.

(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4395 seconds (0.1#10.140)