6 Fakta Mengejutkan Hiu yang Ternyata Lebih Tua Jutaan Tahun Dibanding Dinosaurus

Kamis, 28 Juli 2022 - 11:03 WIB
loading...
A A A
Bahkan hiu Greenland tidak dikatakan dewasa jika belum mencapai usia 150 tahun. Diperkirakan hiu Greenland bisa mencapai usia 400 tahun.

2. Hiu Lebih Tua dari Pohon dan Dinosaurus
6 Fakta Mengejutkan Hiu yang Ternyata Lebih Tua Jutaan Tahun Dibanding Dinosaurus


Penemuan awal fosil hiu diketahui berumur 450 juta tahun. Artinya hiu, setidaknya telah ada di bumi sekurang-kurangnya 90 juta tahun sebelum pohon ada dan 190 juta tahun sebelum dinosaurus muncul.

Catherine Macdonald, Director of Field School of Marine and Atmospheric Science, University of Miami mengatakan hiu sudah ada sebelum benua tua raksasa Pange terpisah.

Hiu bahkan selamat dari kematian massal yang terjadi dalam sejarah laut. Saat itu sebanyam 96 persen penghuni laut mati kecuali hiu dan beberapa lainnya.

3. Hiu Berguna buat Lingkungan Hidup
6 Fakta Mengejutkan Hiu yang Ternyata Lebih Tua Jutaan Tahun Dibanding Dinosaurus


Hiu macan, satu dari predator utama, memiliki peranan penting buat lingkungan dalam upaya pencegahan perubahan iklim. Pasalnya hiu macan memangsa spesie lain seperti kura-kura hijau, burung laut dan pari.

Hiu macan diketahui mencari makan di laut dangkal. Hal itu membuat kura-kura hijau, burung laut dan pari menghindari wilayah itu.

Kondisi itu justru sangat bermanfaat buat rumput laut yang bisa berkembang lebih luas. Rumput laut itu nantinya jadi surga buat ikan-ikan mecil, udang dan kepiting.

Rumput laut juga bisa menyerap karbon yang ada di atmosfer untuk berkembamg. Material rumput laut yang sudah mati itu kemudian terkubur di sedimen dasar laut
Saat itu baru carbon yang ada keluar dari sirkulasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1918 seconds (0.1#10.140)