Jawaban Beruang Hitam Kuat Hibernasi Berbulan-bulan Terungkap!

Jum'at, 29 Juli 2022 - 23:10 WIB
loading...
Jawaban Beruang Hitam Kuat Hibernasi Berbulan-bulan Terungkap!
Pada tahun 2018, serum dari beruang yang berhibernasi menghasilkan pengurangan pergantian protein pada jaringan otot rangka manusia. FOTO/ IST
A A A
MOSCOW - Penelitian terbaru berhasil mengungkap rahasia beruang hitam mampu berhibernasi hingga tujuh bulan dalam setahun. Ternyata ada sesuatu yang aneh di dalam darah hewan mamalia tersebut.

Dalam temuan ini, terungkap bahwa beruang memiliki zat terlarut dalam darahnya. Para peniliti bahkan menyebut zat misterius ini dapat membantu mencegah otot manusia berhenti berkembang.



Seperti dilansir dari Science Alert, Jumat (29/7/2022), para peneliti telah berhasil mengungkap rahasia ini setelah melakukan penelitian dengan cara mengambil serum darah dari tujuh beruang berhibernasi.

Peneliti yang berasal Daei Jepang kemudian menambahkannya langsung ke kultur jaringan yang terbuat dari sel otot rangka manusia, mereka melihat peningkatan kandungan protein sel dalam waktu 24 jam.

Pada saat yang sama, terjadi penurunan produksi protein pengatur yang memainkan peran penting dalam pelepasan otot yang tidak digunakan. Namun uniknya, perubahan sel ini, hanya terlihat ketika darah hibernasi ditambahkan.

Ketika darah diambil dari beruang hitam aktif di musim panas, serum tidak menghentikan proses alami degradasi protein dalam sel otot rangka manusia.

"Kami telah mengindikasikan bahwa beberapa faktor yang ada dalam serum beruang hibernasi dapat mengatur metabolisme protein dalam sel otot rangka manusia yang di kultur dan berkontribusi pada pemeliharaan massa otot," simpul fisiolog Mitsunori Miyazaki dari Universitas Hiroshima.

"Namun, identifikasi faktor ini belum tercapai," tambahnya.

Penelitian serupa telah dilakukan dengan serum beruang hitam di masa lalu, tetapi tidak ada yang berhasil menunjukkan dengan tepat faktor yang mendorong beruang mampu melakukan hal luar biasa itu.

Pada tahun 2018, serum dari beruang yang berhibernasi menghasilkan pengurangan pergantian protein pada jaringan otot rangka manusia. Efek serupa juga telah ditunjukkan pada jaringan otot rangka dari tikus.

Untuk saat ini, hanya itu yang diketahui, tetapi Miyazaki bertekad untuk terus mencari jawaban.

"Dengan mengidentifikasi faktor ini dalam serum beruang hibernasi dan mengklarifikasi mekanisme yang belum dijelajahi di balik otot yang tidak melemah, adalah mungkin untuk mengembangkan strategi rehabilitasi yang efektif pada manusia dan mencegah terbaring di tempat tidur di masa depan, " pungkasnya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9667 seconds (0.1#10.140)