5 Penemuan Nikola Tesla yang Digunakan Sampai Sekarang, Nomor 3 Hak Paten Diklaim Ilmuwan Lain

Minggu, 31 Juli 2022 - 21:13 WIB
loading...
5 Penemuan Nikola Tesla yang Digunakan Sampai Sekarang, Nomor 3 Hak Paten Diklaim Ilmuwan Lain
Nikola Tesla merupakan salah satu penemu, pemikir hebat dan inovatif, sekaligus insinyur listrik dan mekanik paling produktif di akhir abad ke-19. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Nikola Tesla merupakan salah satu penemu , pemikir hebat dan inovatif, sekaligus insinyur listrik dan mekanik paling produktif di akhir abad ke-19. Nikola Tesla yang dilahirkan pada 10 Juli 1856 di Smiljan, Kroasia, mengajukan 278 paten dan beberapa telah diakui.

Dia terkenal karena kontribusinya pada desain sistem pasokan listrik arus bolak-balik (AC) modern. Penemuannya tentang arus bolak-balik (AC), motor induksi dan paten AC polifase membantunya dan perusahaannya mendapatkan banyak uang dan popularitas.

Salah satu penemuan terbaiknya adalah perahu yang dikendalikan nirkabel yang pertama kali ditampilkan dalam sebuah pameran. Selama tahun 1893 dia menyarankan bahwa ada kemungkinan komunikasi nirkabel dengan bantuan perangkatnya. Berikut 5 penemuan Tesla yang masih digunakan sampai sekarang dirangkum SINDOnews dari laman Historyhit dan steamdaily.

1. Pembangkit Listrik Tenaga Air
5 Penemuan Nikola Tesla yang Digunakan Sampai Sekarang, Nomor 3 Hak Paten Diklaim Ilmuwan Lain


Salah satu produk yang paling mengesankan dari kemitraan Tesla dengan George Westinghouse adalah Adams Power Station, pembangkit listrik tenaga air pertama di dunia. Pembangkit tenaga listrik inovatif ini mewujudkan harapan lama bahwa kekuatan mengagumkan Air Terjun Niagara, salah satu keajaiban alam paling spektakuler di Amerika Utara, dapat dimanfaatkan.

Proyek ini merupakan hasil tidak langsung dari sebuah kompetisi, yang diselenggarakan oleh Komisi Air Terjun Niagara Internasional, untuk menemukan rencana yang akan berhasil melakukan hal itu. Kompetisi ini menarik peserta dari seluruh dunia, termasuk proposal untuk mentransmisikan listrik DC yang didukung oleh Edison.



Tetapi pemimpin Komisi, Lord Kelvin, cukup terkesan dengan tampilan AC Westinghouse Electric di Pameran Dunia Chicago 1893 sehingga dia meminta Westinghouse dan Tesla untuk mengembangkan solusi transmisi AC. Proyek ini terbukti menantang dan mahal, tetapi meskipun skeptisisme meningkat di kalangan investor, Tesla tidak pernah ragu bahwa pada akhirnya akan terbukti sukses.

Akhirnya, pada 16 November 1896, stasiun itu diaktifkan dan listrik yang dihasilkan oleh Rumah Transformer Pembangkit Listrik Adams yang revolusioner mulai mengalir ke Buffalo, New York. Tak lama kemudian, sepuluh generator lagi dibangun dan energi dari pembangkit tersebut digunakan untuk melistriki New York City.

2. Grafik Bayangan (The shadowgraph)
5 Penemuan Nikola Tesla yang Digunakan Sampai Sekarang, Nomor 3 Hak Paten Diklaim Ilmuwan Lain
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2443 seconds (0.1#10.140)