5 Penemuan Nikola Tesla yang Digunakan Sampai Sekarang, Nomor 3 Hak Paten Diklaim Ilmuwan Lain

Minggu, 31 Juli 2022 - 21:13 WIB
loading...
A A A
Lampu neon adalah contoh lain dari teknologi yang dikembangkan Tesla, bukan yang diciptakan. Tesla memiliki beberapa tabung Geißler dan mengamati bahwa mereka menyala berturut-turut saat dia menyesuaikan frekuensi kumparannya.

Penemuan kebetulan ini merupakan realisasi dramatis dari minatnya pada energi nirkabel. Pada tahun 1893, Tesla menampilkan pilihan lampu pelepasan yang menyala tanpa ditenagai oleh elektroda atau kabel di Pameran Dunia Chicago.

Memang Georges Claude dari Prancis menampilkan sepasang lampu neon tabung sepanjang 38 kaki di Paris Motor Show pada tahun 1910. Tapi itu sesuatu yang mirip dengan lampu neon yang telah dikembangkan beberapa dekade sebelumnya pada pertengahan abad ke-19 oleh Heinrich Geißler, fisikawan Jerman.



5. Motor Induksi
5 Penemuan Nikola Tesla yang Digunakan Sampai Sekarang, Nomor 3 Hak Paten Diklaim Ilmuwan Lain


Seperti banyak inovasi Tesla, penghargaan untuk penemuan motor induksi menjadi perebutan banyak pihak. Dalam hal ini, Tesla mengungguli penemu Italia Galileo Ferraris, yang mengembangkan teknologi yang sama pada waktu yang kurang lebih sama.

Meskipun Ferraris mempresentasikan konsepnya tentang motor yang menggunakan induksi elektromagnetik untuk memutar rotornya terlebih dahulu, Tesla mengajukan patennya lebih dulu. Menggunakan elektromagnet untuk berputar, motor induksi Tesla saat ini menggerakkan barang-barang rumah tangga sehari-hari seperti penyedot debu, pengering rambut, dan perkakas listrik.

(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2058 seconds (0.1#10.140)