5 Penemuan Nikola Tesla yang Digunakan Sampai Sekarang, Nomor 3 Hak Paten Diklaim Ilmuwan Lain

Minggu, 31 Juli 2022 - 21:13 WIB
loading...
A A A
Penelitian Tesla yang kemungkinan kurang dikenal akibat kebakaran yang menghancurkan laboratoriumnya di New York pada 1895 adalah berkaitan dengan munculnya teknologi sinar-X. Ilmuwan Jerman Wilhelm Conrad Röntgen lebih dikenal mengembangkan sinar-X pertama pada 8 November di tahun yang sama, sebuah pencapaian terobosan yang membuatnya mendapatkan Hadiah Nobel perdana pada tahun 1901.

Terinspirasi oleh sinar-X Röntgen, Tesla memperbaharui minatnya dan mengembangkan Shadowgraph menggunakan tabung vakum. Gambarnya tentang sepatu dengan kaki di dalamnya, diproduksi pada tahun 1896, dianggap sebagai sinar-X pertama di Amerika.



3. Radio
5 Penemuan Nikola Tesla yang Digunakan Sampai Sekarang, Nomor 3 Hak Paten Diklaim Ilmuwan Lain


Saat ini radio adalah salah satu perangkat penting yang dibutuhkan saat bepergian ketika bosan melanda. Pencipta di balik hal yang luar biasa ini tidak lain adalah Nikola Tesla yang melakukan sejumlah besar penelitian dan eksperimen tentang gelombang radio.

Tesla mengajukan patennya pada tahun 1897 yang diberikan kepadanya pada tahun 1900. Namun, Guglielmo Marconi memiliki ide serupa, dan mengajukan patennya tetapi ditolak karena hampir sama dengan milik Tesla.

Marconi mengambil banyak ide dari Tesla dan memulai perusahaannya sendiri. Segera dia dapat mengirimkan sinyal yang mengesankan kantor paten, sehingga mengubah keputusan dan memberikan paten pada Marconi. Tesla tidak punya banyak uang untuk berjuang menyalin ide-idenya yang akhirnya membawa Marconi menjadi penemu radio.

Pada awal tahun 1895 Tesla siap mengirim sinyal radio sejauh 50 mil, dari labnya di 33 dan 35 South Fifth Avenue di Manhattan, ke West Point, New York. Namun, bencana melanda sebelum uji peletakan batu pertama dapat diselesaikan: kebakaran gedung menghancurkan Tesla's lab. Setahun kemudian, Marconi mengeluarkan paten telegram nirkabel pertamanya di Inggris.



4. Lampu Neon
5 Penemuan Nikola Tesla yang Digunakan Sampai Sekarang, Nomor 3 Hak Paten Diklaim Ilmuwan Lain
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2237 seconds (0.1#10.140)