Keaslian Hutan Terjaga, Thailand Memiliki Populasi Harimau Terbanyak

Senin, 01 Agustus 2022 - 09:47 WIB
loading...
Keaslian Hutan Terjaga, Thailand Memiliki Populasi Harimau Terbanyak
Hutan dijaga dengan ketat, populasi harimau di Thailnda terus bertambah. FOTO/ Imgur
A A A
JAKARTA - Thailand dipastikan sebagai negara dengan harimau terbanyak dibandingkan negara Asia Tenggara lainnya.

BACA JUGA - Harimau Sumatera Mangsa Ternak Warga Agam

Menteri Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup, Varawut Silpa-archa mengumumkan hal tersebut sejalan dengan upaya besar menuju Strategi Nasional Perlindungan Harimau yang dimulai pada tahun 2010 dengan menjaga ketat keaslian hutan.

Dia mengatakan, pada Konferensi Tingkat Menteri Asia keempat tentang konservasi harimau, negara-negara lain memuji upaya Thailand atas upaya berkelanjutan pemerintah.

"Rencana konservasi harimau dan populasi Thailand disertifikasi oleh standar internasional,''

"Kami berhasil meningkatkan kawasan hutan lindung mereka dengan menggunakan teknologi terbaru dan sistem patroli cerdas," katanya saat memperingati Hari Harimau yang dirayakan di Chalermphrakiat di Suphan Buri, seperti dilansir Bangkok Post, Senin (1/8/2022)

Selama 10 tahun terakhir, populasi harimau liar di cagar alam Huai Kha Khaeng dan Thugyai telah meningkat dari 42 menjadi 100.

Keberhasilan ini merupakan hasil dari sistem kendali cerdas yang telah diterapkan di 213 hutan lindung.

India saat ini menjadi negara dengan jumlah harimau terbesar di dunia, namun pemerintah Thailand berharap tetap menjadi negara dengan harimau terbanyak di Asia Tenggara dan semakin meningkatkan populasinya dengan rencana jangka panjang hingga tahun 2034.

Sementara itu, Direktur Perlindungan Satwa Liar menekankan pentingnya menjaga hutan yang menjadi habitat alami harimau agar populasi satwa liar tetap stabil.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1706 seconds (11.97#12.26)