Deretan Ilmuwan Penemu Teori Fenomena Alam

Selasa, 16 Agustus 2022 - 13:21 WIB
Nicolaus membuat risalah astronomi yang menjadi dasar teori heliosentrisnya. Risalah itu disebut Commentariolus atau "Komentar Kecil".

Nicolaus menulis sebuah karya astronomi, De Revolutionibus Orbium Coelestium Libri Vi atau Enam Buku tentang Revolusi Orbit Surgawi. Dalam karyanya tersebut, Nicolaus menjelaskan tentang teori heliosentris temuannya. Dia juga berpendapat bahwa bumi matahari porosnya setiap hari dan membutuhkan waktu satu tahun untuk mengorbit matahari.

3 Erasthothenes

Erasthothenes merupakan seorang ilmuwan asal Yunani yang mahir dalam berbagai bidang. Jika kebanyakan ilmuwan terdahulu mencari cara untuk mengetahui bentuk bumi sebenarnya, Erasthothenes melakukan penemuan yang berbeda. Dia merupakan pertama yang berhasil mengukur keliling bumi.

Bermodalkan rumus matematika sederhana dan logika perbandingan matahari di dua tempat, Syene dan Alexandria, Erasthothenes mampu menghitung keliling bumi. Tidak hanya itu, dia jugalah yang berhasil menghitung kemiringan bumi, serta merancang sistem garis bujur dan garis lintang.

4. Alexander von Humboldt

Perubahan iklim menjadi salah satu permasalahan serius yang sedang diperhatikan saat ini. Bicara tentang perubahan iklim, Alexander von Humboldt adalah orang pertama yang menjelaskan tentang perubahan iklim. Dia merupakan seorang penjelajah dan naturalis asal Jerman yang berperan penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan saat ini, terutama dalam bidang biologi dan geologi.

Von Humboldt mempunyai peran besar dalam ilmu klimatologi dengan mengembangkan ilmu meteorologi dan membuat peta cuaca. Sebagai seorang naturalis, Humboldt menyadari adanya hubungan antara alam dan makhluk di sekitarnya.

Maka dari itu, dia juga menjadi orang pertama yang menyadari dan menjelaskan manusia tetang perubahan iklim serta pentingnya menjaga keseimbangan ekosistem. Selain itu, berdasarkan studinya di Pegunungan Andes, Humboldt juga menggambarkan dan menjelaskan mengenai hubungan dari letusan gunung berapi dan pembentukan kerak bumi.

5. Al-Battani