Deretan Ilmuwan Penemu Teori Fenomena Alam

Selasa, 16 Agustus 2022 - 13:21 WIB
Abu Abdullah Muhammad ibn Jabir ibn Sinan al-Raqqi al-Harrani al-Sabi al-Battani atau Al-Battani merupakan astronom dan ilmuwan Muslim di abad pertengahan.

Banyak penemuannya yang berpengaruh untuk ilmu pengetahuan modern, salah satunya yang paling populer adalah teorinya yang menyebutkan satu tahun terdapat 365 hari, 5 jam, 46 menit dan 24 detik (sumber lain menyebut 365,24 hari).

Terinspirasi dari karya Ptolemus, The Almagest, Al-Battani mengembangkan dan memperbaiki teori-teori dalam buku tersebut menjadi lebih tepat dan akurat. Tidak hanya itu, Al-Battani juga telah memecahkan misteri lain di bidang astronomi. Dia telah mengamati berbagai benda-benda langit melalui teropong buatannya yang dikenal sebagai teropong Al-Battani.

Sebagai seorang matematikawan, Al-Battani membuat perhitungan mengenai gerhana matahari dengan akurat. Dia juga mampu menghitung jarak antara matahari ke bumi dan memperkirakan kapan munculnya bulan baru. Penemuan-penemuannya itu memiliki andil besar dalam pembuatan kalender modern dan penentuan perubahan musim.