Fakta Kebenaran Al-Quran Soal Keberadaan Sungai di Dalam Laut yang Tak Terbantahkan

Selasa, 16 Agustus 2022 - 22:00 WIB
loading...
Fakta Kebenaran Al-Quran Soal Keberadaan Sungai di Dalam Laut yang Tak Terbantahkan
Sungai dalam laut sendiri adalah sebuah fenomena alam, di mana terdapat sungai dengan karakteristik air tawar di dalam laut dengan air asin. Fenomena tersebut ditemukan oleh seorang Oseanografi asal Prancis, yaitu Yves Costeau di kawasan Cenote Angelita,
A A A
JAKARTA - Sungai menjadi salah satu sumber air yang keberadaannya berada di permukaan bumi. Mengalir dari hulu ke hilir, melintasi berbagai wilayah dan daerah. Masing-masing memiliki luas dan kedalaman yang berbeda-beda, sungai juga jadi bagian kehidupan manusia yang sangat penting.



Namun tahukah Anda, bahwa di dunia ini ternyata ada sungai yang letaknya berada di dasar laut. Hal ini sempat menghebohkan dunia, lantaran penemuan ini benar-benar mengherankan dan dianggap ajaib. Bagaimana tidak, air sungai yang umumnya diisi oleh air tawar malah ada di dalam dasar laut.

Sungai dalam laut sendiri adalah sebuah fenomena alam, di mana terdapat sungai dengan karakteristik air tawar di dalam laut dengan air asin. Fenomena tersebut ditemukan oleh seorang Oseanografi asal Prancis, yaitu Yves Costeau di kawasan Cenote Angelita, Meksiko.

Sungai ini ditemukan pada kedalaman 115 kaki atau setara dengan 35 meter dengan lebar sekitar setengah mil. Sejumlah peneliti melakukan pennelitian, bahwa sungai di dalam laut ini terbentuk akibat fenomena Halocline.

Halocline ini adalah sebuah fenomena alam, di mana adanya sebuah zona vertikal di dalam laut. Pada zona tersebut memiliki kedalaman yang mana memengaruhi kadar garam yang ada di dalam laut ittu sendiri. Kemudian akan berubah dengan cepat, seiring dengan pertambahan kedalamannya.

Perubahan inilah yang kemudian menyebabkan adanya kepadatan air sehingga menyebabkan adanya dinding pemisah antara air laut dan air tawar.

Sementara itu, menurut pakar geologi gempa bumi dan geotektonik di Pusat Penelitian Geoteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Prof. Dr. Danny Hilman Natawidjaja, M.Sc menyebutkan, bahwa adanya sungai di bawah laut ini tak hanya ditemukan di Meksiko saja. Namun di Indonesia pun ditemukan lokasi serupa, yang tak lain adalah sungai di bawah laut.

"Ada di dasar laut Jawa dan Selat Karimata," katanya saat dihubungi MNC Portal, Selasa (16/08/2022).

Ia menjelaskan, terbentuknya sungai bawah laut itu lantaran akibat zaman es. Dahulu ketika masa tersebut, es adalah sebuah daratan hingga akhirnya mencair seiring berjalan waktu dan juga tahun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2550 seconds (0.1#10.140)