6 Ular Piton Terpanjang di Dunia, Ada yang Sudah Punah

Kamis, 25 Agustus 2022 - 13:52 WIB
loading...
6 Ular Piton Terpanjang di Dunia, Ada yang Sudah Punah
Ular piton termasuk dalam famili Pythonidae dan memiliki ukuran yang tidak biasa, bisa mencapai panjang 1,5 meter hingga mencapai 6,5 meter. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Ular piton termasuk dalam famili Pythonidae dan memiliki ukuran yang tidak biasa, bisa mencapai panjang 1,5 meter hingga mencapai 6,5 meter. Ular piton juga memiliki bobot yang besar, bahkan mencapai 75 kg, bergantung pada habitatnya.

Ular piton hidup di dalam hutan tropis maupun diperairan air tawar dan sering kali ditemukan di negara Asia Tenggara. Berikut 6 ular piton terpanjang di dunia.

1. Ular Piton Batik (Python Reticulated)
Ular piton batik memiliki ciri-ciri tubuh dengan sisik hitam, putih, kuning, berwarna kecoklatan dengan kepala yang panjang dan sempit. Ular piton ini merupakan hewan terbesar yang pernah tercatat di lingkungan zoologi karena memiliki panjang 28,5 kaki (8,7 meter) dan berat 320 pon.



2. Anakonda Hijau (Green Anaconda)
Jenis ular piton yang satu ini merupakan jenis ular piton asal Amerika Selatan. Spesies jenis ini bisa hidup sekitar 10 tahun dengan ukuran mencapai 20-30 kaki (6-9 meter) dan dengan bobot sebesar 550 pon. Dalam masa reproduksinya anakonda hijau bisa melahirkan hampir 3 lusin anak dan bayi ular yang lahir ini bisa memiliki panjang sekitar 2 kaki (0,6 meter).



3. Ular Sanca Pantola (Amethystine Python)
Jenis ular sanca patola ini dapat ditemukan di hutan tropis, semak belukar dan sabana di kawasan Indonesia, Papua Nugini, Australia dan Filipina. Spesies ini bisa tumbuh panjang hingga 27 kaki (8,2 meter) dengan bobot 33 pon. Sanca patola memiliki ciri-ciri tubuh berwarna coklat zaitun atau sedikit berwarna kuning kehijauan, namun sisiknya memiliki warna ungu/biru yang menghasilkan efek berkilau ketika dibawah sinar matahari.



4. Ular Sanca Burma (Python Burma)
Ular piton jenis ini keberadaan sudah cukup langka karena seringkali diperdagangkan. Kehidupan aslinya ular ini hidup di kawasan Asia Tenggara termasuk China dan India dengan panjang 23 kaki (7 meter) dan bobot mencapai 200 pon. Di alam liar ular piton sanca burma dapat ditemukan di dekat air, daerah berawa dan semiakutik.

5. Ular Piton India (Indian Python)
Ular piton India jenis reptil yang hidup di hutan Pakistan, India, Nepal dan Sri Lanka. Ular ini memiliki tubuh hingga 20 kaki (6 meter) dan bahkan bisa lebih panjang. Mereka memiliki bobot sekitar 150 kilogram. Ular piton india ini bisa ditemukan di tanah atau tergantung di cabang-cabang pohon untuk menunggu dan menyergap mangsanya.

6. Python Titanoboa
Walaupun ular piton ini sudah punah sejak zaman paleosen, namun ular piton ini dianggap ular terbesar dari subordo serpentes yang tumbuh sekitar 13 meter dengan berat 1,25 ton. Dengan ukuran ular yang sangat besar ini, ular piton titanoboa sangat terikat dengan iklim paleosen karena tingkat metabolisme tubuh hewan ini sangat dipengaruhi oleh suhu lingkungan sekitar.

MG/Nabillah Amanda Rahmawaty
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4539 seconds (0.1#10.140)