Ciri Fisik dan Ukuran Ular Monster Titanoboa yang Sudah Punah

Jum'at, 02 September 2022 - 07:01 WIB
loading...
Ciri Fisik dan Ukuran Ular Monster Titanoboa yang Sudah Punah
Ular Titanoboa mampu melahap seekor buaya seperti ular piton menelan anak ayam. Foto: ist
A A A
AMERIKA - Ular raksasa Titanoboa adalah ular terbesar yang pernah ditemukan di dunia. Hidup pada 58 juta-61 juta tahun lalu. Tepatnya, pada masa Paleogen. Habitat asli ular Titanoboa ini sangat mirip dengan habitat asli Anaconda.

Walau sudah lama punah, namun kerangka tubuh ular ini masih bisa kita lihat di Museum Sejarah Alam, Florida, Amerika Serikat.

Para ilmuwah menduga, punahnya ular raksasa Titanoboa diakibatkan karena adanya perubahan iklim. Termasuk penurunan suhu bumi, yang membuat punahnya hewan sebesar Titanoboa dan muncul jenis ular yang lebih kecil.

Fosil ular Titanoboa ditemukan di sebuah tambang batu bara di bagian utara Cerrejon, Kolombia. Tepatnya pada 1994, oleh ahli geologi asal Kolombia Henry Garcia.

Namun, Henry Garcia tidak menyadari penemuannya. Fosil tersebut hanya ditempatkan di etalase perusahaan batu bara Cerrejon.

Ciri Fisik dan Ukuran Ular Monster Titanoboa yang Sudah Punah

Ular Titanoboa di museum. Foto: ist

Pada 2003, sebuah ekspedisi pencarian fosil-fosil tumbuhan mulai diadakan di Cerrejon dan di dalam kegiatan ekspedisi tersebut ternyata diikuti oleh salah satu peneliti bernama Scott Wing yang merupakan pengawas dan pengurus tumbuhan di Smithsonian’s National Museum of Natural History.

Di dalam ekspedisi tersebut Wing menyadari fosil asing yang ditemukan Henry Gracia bukan fosil yang berasal dari tumbuhan, melainkan fosil dari hewan darat.

Pemberitaan terkait penemuan fosil ular Titanoboa membuat para ilmuwan mulai melakukan identifikasi tulang-tulang milik ular Titanoboa dan melakukan ekspedisi baru. Dengan harapan bisa mengumpulkan fosil-fosil hewan ini.

Juga, membuat para ilmuwan mulai melakukan ekspedisi dengan mengumpulkan berbagai fosil yang tersisa dari ular Titanoboa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1561 seconds (0.1#10.140)