Dramatis, Roket Blue Origin Jatuh di Gurun tapi Muatan Selamat

Selasa, 13 September 2022 - 18:17 WIB
loading...
Dramatis, Roket Blue Origin Jatuh di Gurun tapi Muatan Selamat
Roket milik Blue Origin jatuh setelah lepas landas di Texas. Tampak pemilik Blue Origin Jeff Bezos. Foto: ist
A A A
TEXAS - New Shepard , roket milik Blue Origin jatuh semenit setelah lepas landas di padang gurun Texas. Tepatnya, tidak jauh dari landas Launch Site One di Texas Barat pada Senin (12/9) pagi.

Untungnya, tidak ada korban jiwa dari kejadian tersebut. Sebab, roket NS-23 itu tidak memiliki awak.

Misinya adalah membawa 36 eksperimen milik NASA serta beberapa kargo lainnya ke luas angkasa selama beberapa menit di wilayah mikrogravitasi. Yakni, sampai ketinggian 100 km atau yang biasa disebut garis Karman.

Apa yang terjadi? Satu menit setelah lepas landas, booster atau pendorong roket New Shepard bekerja dengan normal. Lalu, kapsul di atas roket juga telah memisahkan diri.

Nah, malfungsi terjadi saat roket terbang dengan kecepatan 1.126 km/jam di ketinggian sekitar 28.000 kaki. Tepatnya, ketika roket mengalami tekanan aerodinamika maksimum atau MaxQ.

Tiba-tiba roket New Shepard langsung jatuh di area gurun. Untungnya, kapslu yang sempat mengangkasa hingga ketinggian 37.000 kaki itu bisa kembali dengan selamat ke bumi menggunakan parasut.

”Kami mendapatkan masalah pagi ini di Launch Site One kami di Texas Barat,” cuit akun Twitter Blue Origin seperti dilanseir Gizmodo.

Ini pertama kalinya perusahaan antariksa milik bilyuner Jeff Bezos itu mengalami insiden. Sebab, Blue Origin telah berhasil mengantar 31 turis ke luar angkasa sejak Juli 2021, termasuk Bezos dan aktor William Shatner.

BACA JUGA: Motor Listrik China Waspada, Honda Siap Ramaikan Pasar Motor Listrik di Indonesia!

Blue Origin dilarang menerbangkan roket New Shepard sampai investigasi Federal Aviation Administration selesai.
(dan)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1028 seconds (10.177#12.26)