7 Hewan di Dunia yang Memiliki Banyak Pasangan, Tidak Setia!

Selasa, 13 September 2022 - 15:34 WIB
loading...
7 Hewan di Dunia yang Memiliki Banyak Pasangan, Tidak Setia!
Sedikitnya ada tujuh hewan yang memiliki banyak pasangan. Salah satunya Walrus. Foto DOK Ist
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada tujuh hewan yang memiliki banyak pasangan . Biasanya, jenis hewan tersebut memiliki naluri seksual yang cukup tinggi, sehingga tidak cukup setia dengan satu pasangan saja.

Bukan tanpa alasan, banyaknya pasangan yang dimiliki ini mempunyai tujuan beragam. Sebut saja seperti memperbesar kemungkinan lahirnya keturunan yang sehat dan terbaik, hingga mempererat hubungan serta menghindari konflik.

Baca juga : 8 Hewan yang Suka Gonta Ganti Pasangan, Nomor 5 Dikenal Gila Seks

Dilansir dari laman Live Science, berikut tujuh hewan yang memiliki banyak pasangan :

1. Walrus

Seekor walrus jantan biasa menarik perhatian betina dengan suara atau vokalisasi yang keras. Dari sekian banyak hewan, walrus dikenal sebagai polygynous atau melakukan perkawinan dengan lebih dari satu betina.

Walrus jantan bisa membentuk kelompok besar yang berisikan para betina di bawah air untuk melakukan persetubuhan. Maka dari itu, tak heran apabila hewan ini memiliki cukup banyak pasangan.

2. Ayam Hutan Merah

Jenis unggas hutan merah ini merupakan pecinta yang bebas. Dalam hal pasangan, mereka memiliki aktivitas seksual yang cukup unik. Mereka biasa kawin dengan kerabat dekat dan melahirkan keturunan yang sedarah.

Untuk menghindari efek buruk dari jantan yang agresif, para betina menyimpan sperma ayam jantan hanya setelah bersenggama untuk membuahi sel telurnya.

3. Hyena Tutul

Spesies Hyena Tutul memiliki kelompok besar yang biasanya didominasi gender betina dibandingkan jantan. Dalam hal pasangan, hewan ini menggunakan praktik poligami.

Maksudnya adalah hyena tutul jantan akan kawin dengan banyak betina. Namun, disamping itu hyena betina juga memutuskan sendiri dengan jantan mana yang bisa mendapat akses tersebut.

4. Bonobo

Hewan yang memiliki banyak pasangan berikutnya adalah Bonobo. Dibandingkan primata lainnya, Bonobo sangat promiscuous atau sering terlibat dalam interaksi seksual, baik secara heteroseksual ataupun homoseksual.

Selain itu, para induk betina juga biasa kawin dengan anak jantan yang sudah dewasa. Bagi spesies Bonobo, bersenggama bisa memperkuat ikatan sosial dan menyelesaikan konflik.

5. Kadal Afrika Kepala Biru

Untuk memenangkan hati betina, para kadal jantan saling bertarung sampai ada pemenangnya. Nantinya, ketika salah satunya menang, dia akan membawa pulang kadal betina untuk dijadikan pasangan.

Hal ini memungkinkan seekor kadal afrika kepala biru untuk menggaet banyak betina, asalkan dia terus memenangkan pertarungan. Selain membawa betina, pemenang juga akan mengeluarkan warna terang pada tubuhnya.

Baca juga : Hewan-hewan dengan Ritual Seks yang Bikin Dahi Berkerut

6. Lumba-Lumba Bottlenose

Lumba-Lumba Bottlenose bebas kawin baik untuk tujuan reproduksi maupun kesenangan bermain semata. Seekor lumba lumba jantan awalnya akan coba merayu sang betina.

Jika berhasil, keduanya akan terlibat dalam persetubuhan. Meski berlangsung cepat, namun mereka bisa melakukannya berulang kali dengan jeda singkat.

7. Antechinus Coklat

Antechinus Coklat atau marsupial mirip tikus ini memiliki musim kawin selama dua minggu. Dalam spesiesnya, seorang betina bisa kawin dengan beberapa pasangan dan berlangsung cukup lama.

Adapun tujuan tersebut adalah meningkatkan kemungkinan telurnya dibuahi jantan yang sehat dan menghasilkan keturunan yang sehat pula.

Demikian ulasan mengenai hewan yang memiliki banyak pasangan.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1048 seconds (0.1#10.140)