Kejadian Langka, Bayi Kura-Kura Hijau Ini Terlahir Punya 2 Kepala

Selasa, 13 September 2022 - 20:40 WIB
loading...
Kejadian Langka, Bayi Kura-Kura Hijau Ini Terlahir Punya 2 Kepala
Kejadian langka seekor bayi kura-kura terlahir memiliki 2 kepala di Kebun Binatang Odisha India. Foto/SputnikNews/OneIndia
A A A
NEW DELHI - Kejadian langka seekor bayi kura-kura terlahir memiliki 2 kepala di Kebun Binatang Odisha India. Bayi kura-kura berwarna hijau cerah ini lahir dari induk penyu slider bertelinga merah pada Senin 12 September 2022.

Induk kura-kura melahirkan dua bayi, satu tukik normal dan yang lain memiliki dua kepala. Peristiwa langka ini membuat banyak orang berbondong-bondong ke Taman Zoologi Nandankanan di Odisha untuk melihat kura-kura unik berkepala dua.

Menurut pejabat Taman Zoologi Nandankanan, bayi kura-kura berkelapa dua merupakan peristiwa langka akibat kelainan genetik. Wakil Direktur Taman Zoologi Nandankanan, Sanjeet Kumar mengatakan, bahwa penyu slider bertelinga merah bertelur di pasir beberapa hari yang lalu dan menetaskan dua tukik (bayi kura-kura).

“Kurator dan dokter hewan dari kebun binatang sedang berkonsultasi dengan Wildlife Institute of India (WII) dan para ahli untuk menyelamatkan tukik ini. Bayi penyu (berkepala dua) telah disimpan dalam sebuah kotak di taman reptil. Kami berusaha menyediakan lingkungan yang cocok untuk tukik,” kata Kumar kepada Kalingatv dikutip SINDOnews dari laman SputnikNews, Selasa (13/9/2022).

Baca juga; Langka, Kura-kura Raksasa Galapagos Lahirkan Bayi Albino

Ahli zoologi merawat dengan teliti penyu yang baru lahir dan menyediakan lingkungan yang aman di dalam kandang reptil taman Zoologi Nandankanan. Sampai saat ini, tukik penyu berkepala dua itu baik-baik saja dan bergerak normal di sekitar kandangnya.

Kura-kura kecil berkepala dua ini sangat lucu, sekilas seperti mainan. Sebuah video berdurasi 13 detik yang beredar di media sosial merekam kura-kura berkepala dua terlihat sedang bermain.
Kejadian Langka, Bayi Kura-Kura Hijau Ini Terlahir Punya 2 Kepala


Banyak penyu berkepala dua yang dilaporkan hidup dalam waktu yang relatif lama dan telah disimpan di museum. Dalam kebanyakan kasus ini, hewan memiliki dua kepala tetapi hanya memiliki satu sistem pencernaan dan satu jantung.

Baca juga; Miris Banget, Kura-kura Leher Ular Pulau Rote Dinyatakan Punah

Namun dalam beberapa kasus, kura-kura berkepala dua ditemukan memiliki dua tubuh yang terpisah. Pada bulan Juli tahun ini, bayi penyu berkepala dua lahir di Malaysia, tetapi hanya bertahan beberapa hari saja.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1870 seconds (10.101#12.26)