Benarkah Kura-Kura Bisa Bernapas Melalui Pantat? Begini Penjelasannya

Senin, 01 Agustus 2022 - 15:12 WIB
loading...
Benarkah Kura-Kura Bisa Bernapas Melalui Pantat? Begini Penjelasannya
Anda mungkin pernah mendengar desas-desus aneh bahwa kura-kura bisa bernapas melalui pantatnya. Foto/Live Sceince
A A A
CANBERRA - Anda mungkin pernah mendengar desas-desus aneh bahwa kura-kura bisa bernapas melalui pantatnya. Secara teknis, kura-kura tidak bernapas melalui pantat karena tidak benar-benar memiliki pantat.

Sebaliknya, kura-kura memiliki lubang serbaguna yang dikenal sebagai kloaka yang digunakan untuk reproduksi seksual dan bertelur serta untuk membuang kotoran. Namun, mereka terlibat dalam proses yang disebut respirasi kloaka, yang dalam pengertian umum dapat diartikan sebagai "bernapas dengan pantat".

Bagaimana makhluk bercangkang keras ini mendapatkan oksigen? Craig Franklin, ahli fisiologi satwa liar di The University of Queensland di Australia menjelaskan, selama respirasi kloaka, kura-kura memompa air melalui lubang kloaka dan ke dalam dua organ mirip kantung yang dikenal sebagai bursae, yang bertindak seperti paru-paru akuatik.

Baca juga; Kura-kura Langka Berwarna Kuning Ditemukan di India

Oksigen di dalam air kemudian berdifusi melintasi papila, struktur kecil yang melapisi dinding bursa, dan masuk ke aliran darah kura-kuraenyu. Namun, respirasi kloaka sangat tidak efisien dibandingkan dengan respirasi aerobik normal.

Sebab, semua kura-kura memiliki kapasitas untuk menghirup udara dengan paru-paru lebih mudah. Akibatnya, respirasi kloaka hanya terlihat pada sejumlah kecil spesies kura-kura air tawar yang mengandalkan metode tidak lazim ini untuk mengatasi tantangan di lingkungan unik yang sulit untuk menghirup udara, seperti sungai berarus deras atau kolam beku.

Kelompok kura-kura yang benar-benar menguasai respirasi kloaka adalah kura-kura sungai. Secara global, ada sekitar selusin kura-kura sungai yang dapat memanfaatkan respirasi kloaka dengan baik. Sebagian besar spesies hidup di sungai-sungai Australia, termasuk kura-kura Mary River (Elusor macrurus) dan kura-kura gertakan tenggorokan-putih (Elseya albagula).

Baca juga; Lenyap dari Indonesia, Kura-Kura Leher Ular Pulau Rote Beranak Pinak di Singapura
Benarkah Kura-Kura Bisa Bernapas Melalui Pantat? Begini Penjelasannya


Namun, spesies kura-kura sungai yang memiliki kemampuan bernapas dengan kloaka secara baik adalah kura-kura Sungai Fitzroy (Rheodytes leukops) dari Australia. Kura-kura ini dapat memperoleh 100% energinya melalui respirasi kloaka. "Ini memungkinkan mereka untuk berpotensi tetap berada di bawah air tanpa batas waktu," kata Franklin.

Tetapi untuk semua spesies lain, respirasi kloaka hanya memperpanjang waktu untuk bertahan di bawah air sampai harus muncul kembali untuk mencari udara. Kemampuan untuk bertahan di bawah air untuk waktu yang lama sangat berguna bagi kura-kura sungai karena untuk naik ke permukaan membutuhkan usaha yang berat.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1753 seconds (11.252#12.26)