Perburuan 20 Tahun Koin Senilai Rp14,8 Miliar Milik Israel Akhirnya Tuntas

Rabu, 14 September 2022 - 09:00 WIB
loading...
A A A
Koin itu diserahkan pada hari Senin (12/9/2022) dalam sebuah upacara di kantor Kejaksaan Distrik Manhattan yang dihadiri oleh pejabat Amerika Serikat dan Israel. Dalam acara itu juga hadir duta besar Israel untuk Persatuan Bangsa-bangsa (PBB) Gilad Erdan.



"Hari ini kami bergabung dengan mitra kami untuk mengembalikan bagian yang sangat langka dari sejarah Israel, koin seperempat syikal, simbol kemerdekaan dari zaman kehadiran Romawi di tempat yang sekarang menjadi Israel modern," kata agen HSI Ricky J Patel pada pertemuan itu.

Koin yang diburu Israel itu disebutkan BBC memang sangat istimewa. Koin perak, yang diembos dengan motif Yahudi , merupakan satu dari empat koin istimewa yang dimiliki Israel.

Pasalnya koin itu dibuat sebagai peringatan deklarasi kemerdekaan oleh orang-orang Yahudi di tanah Israel. Kemerdekaan yang diraih dari tentara Romawi yang sangat menindas kaum Yahudi.

"Koin ini adalah bukti sebuah pernyataan menentang kerajaan besar yang berdiri di hadapan mereka," kata Ilan Hadad dari IAA.

Pemberontakan Besar melihat pemberontakan oleh orang Yahudi di Yudea melawan pemerintahan yang menindas oleh orang Romawi, yang telah mengakhiri kemerdekaan Yahudi di sana satu abad sebelumnya.
(wsb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1454 seconds (0.1#10.140)