Cumi-Cumi Raksasa Mati Terdampar di Pantai Selandia Baru, Penampakannya Ada yang Aneh

Kamis, 15 September 2022 - 19:19 WIB
loading...
Cumi-Cumi Raksasa Mati Terdampar di Pantai Selandia Baru, Penampakannya Ada yang Aneh
Seekor cumi-cumi raksasa ditemukan mati terdampar di pantai Farewell Spit, cagar alam di utara South Island, Selandia Baru. Foto/Live Science
A A A
WELLINGTON - Seekor cumi-cumi raksasa ditemukan mati terdampar di pantai Farewell Spit, cagar alam di utara South Island, Selandia Baru. Penampakan cumi-cumi raksasa ini agak aneh karena sebagian tentakelnya dimakan makhluk lain.

Bangkai cumi-cumi raksasa berukuran mantel sekitar 4 meter ini mengejutkan turis di pantai Selandia Baru saat ditemukan pada 9 September 2022. Cumi-cumi raksasa dikenal sebagai salah satu makhluk laut dalam yang paling sulit dipahami dan spektakuler, sehingga penemuan ini sangat langka.

Seorang pemandu agen wisata alam Farewell Spit Tours menemukan sisa-sisa bangkai cumi-cumi raksasa, yang setengah terkubur di pasir, memberi tahu grup wisata terdekat untuk datang dan melihatnya. Setelah melihat bangkai cumi-cumi itu, para wisatawan menyempatkan berfoto.

"Salah satu makhluk laut besar yang luar biasa. Ini bukan hal yang biasa ditemukan di pantai mana pun, ini adalah kesempatan sekali seumur hidup,” kata Anton Donaldson, pemandu Farewell Spit Tours, kepada The New Zealand Herald dikutip SINDOnews dari laman Live Science, Kamis (15/9/2022).

Baca juga; Cumi-cumi Imut Ini Punya 2 Mata Aneh, Salah Satunya Bulat Besar Berwarna Kuning

Cumi-cumi raksasa adalah cumi-cumi terbesar kedua di lautan, hanya kalah dari cumi-cumi kolosal (Mesonychoteuthis hamiltoni) dan dapat berukuran hingga 13 meter. Cephalopoda besar dan kuat, yang dianggap sebagai inspirasi kehidupan nyata untuk makhluk laut mitologis besar yang dikenal sebagai "kraken," hidup di air dalam lebih dari 900 meter di bawah permukaan dan jarang terlihat di alam liar.

Tidak jelas persis berapa lama seluruh tubuh cumi-cumi yang mati itu diukur, karena sebagian besar tentakelnya tidak lengkap atau terkubur di bawah pasir. “Sepertinya [tentakel] telah dikunyah kembali oleh beberapa makhluk laut lainnya, seperti hiu kecil atau ikan,” kata Donaldson.

Pada tahun 2019, di bagian pantai yang sama, sekelompok wisatawan menemukan cumi-cumi raksasa yang utuh berukuran panjang 5,5 meter. Afrika Selatan adalah lokasi lain di mana cumi-cumi raksasa mati diketahui terdampar di pantai.

Baca juga; Bangkai Cumi-cumi Raksasa Langka Terdampar di Pantai Afrika Selatan

Pada bulan April, cumi-cumi raksasa sepanjang 3,5 meter terdampar di dekat Kommetjie, dan pada bulan Agustus, cumi-cumi sepanjang 4,3 meter ditemukan di pantai dekat Cape Town.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1200 seconds (11.252#12.26)