9 Hewan yang Dilindungi di Indonesia, Nomor 8 hanya Tersisa Belasan

Kamis, 22 September 2022 - 16:02 WIB
loading...
9 Hewan yang Dilindungi di Indonesia, Nomor 8 hanya Tersisa Belasan
Terdapat sejumlah hewan yang dilindungi di Indonesia. Salah satunya Harimau Sumatera. Foto DOK wikipedia
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah hewan yang dilindungi di Indonesia. Dengan begitu, kelestarian hewan tersebut dapat terjaga dan tidak mudah punah .

Indonesia dikenal akan keberanekaragaman jenis satwanya. Itulah yang membuat negara ini mendapat jukukan "The Lost World of Asia" dan menjadi rumah bagi beberapa hewan langka .

Baca juga : Hewan Dilindungi Elang Bido Diselamatkan Komunitas Pecinta Rimba dan Satwa Liar

Kelangkaan ini mayoritas disebabkan oleh perburuan liar dan penyempitan lahan. Merebaknya populasi manusia membuat pembangunan kian marak yang akhirnya berbuntut pada penggundulan hutan.

Dilansir dari peraturan.bpk.go.id, karena itu pemerintah membuat peraturan terkait perlindungan flora dan fauna Indonesia. Aturan ini tertuang dalam PP No. 7 Tahun 1999.

Berikut sembilan hewan yang dilindungi di Indonesia :

1. Harimau Sumatera

Hewan yang dilindungi di Indonesia pertama adalah Harimau Sumatera. Hewan yang memiliki panjang rata-rata 2 meter dengan berat 140 kg ini jumlahnya mulai berkurang disebabkan penyempitan lahan dan perburuan liar.

Tak sampai disitu, organ tubuh kucing besar ini juga kerap diperdagangkan di pasar gelap. Tercatat sebanyak 66 ekor harimau sumatera terbunuh selama tahun 1998 dan 2000. Jumlah Harimau endemik Sumatera kini hanya sekitar 500 ekor saja di alam liar.

2. Komodo
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0859 seconds (10.101#12.26)