9 Hewan yang Dilindungi di Indonesia, Nomor 8 hanya Tersisa Belasan

Kamis, 22 September 2022 - 16:02 WIB
Reptil endemik Indonesia yang terdapat di pulau-pulau eksotis Indonesia, seperti Pulau Komodo , Rinca, Padar dan Flores juga termasuk hewan yang dilindungi di Indonesia.

Perdagangan pasar gelap menjadi penyebab hewan ini diburu. Reptil yang disebut kadal terbesar di dunia saat ini memiliki panjang mencapai 3 meter. Jumlahnya di alam liar kini diperkirakan sekitar 2.700 hingga 3000 ekor.

3. Kucing Merah Kalimantan

Melansir dari authentic-indonesia.com, Kucing Merah (Pardofelis badia) atau dikenal juga dengan nama Kucing Teluk Borneo adalah hewan endemik di pulau Kalimantan. Kucing langka ini memiliki bulu berwarna coklat kemerahan, dengan perut yang lebih pucat dari punggungnya.

Kucing Borneo saat ini jumlahnya mulai berkurang disebabkan rusaknya habitat. Kini jumlahnya di alam liar hanya sekitar 2.500 ekor saja. Populasinya juga selalu menurun dari tahun ke tahun.

4. Burung Cendrawasih

Burung yang menjadi maskot Papua dikenal akan keindahan bulunya, tak heran bila hewan ini memiliki julukan "bird of paradise" di Eropa. Namun karena keindahannya inilah yang membuat Cenderawasih kerap dijadikan bahan buruan untuk diperdagangkan.

Melansir dari ksdae.menlhk.go.id, Meskipun begitu habitat asli burung cendrawasih di wilayah pengamatan Balai Taman Nasional Lorentz (BTN Lorentz) di Timika masih terjaga.

5. Orang Utan

Hewan yang termasuk primata terbesar di Asia dan hanya dapat ditemukan di Pulau Kalimantan, populasinya kian menurun bahkan dalam 20 tahun terakhir populasi orangutan Kalimantan mengalami penurunan sebesar 55%.