Profil Anna Kikina, Kosmonot Cantik Pertama yang ke Luar Angkasa dengan Roket SpaceX

Jum'at, 07 Oktober 2022 - 11:00 WIB
loading...
Profil Anna Kikina, Kosmonot Cantik Pertama yang ke Luar Angkasa dengan Roket SpaceX
SpaceX Crew-5 Anna Kikina mengangkasa lewat kapsul Dragon milik SpaceX yang membawa awak dari berbagai negara. Foto: ist
A A A
AMERIKA - Anna Kikina adalah kosmonot Rusia dan wanita pertama yang mengangkasa ke stasiun luar angkasa di Amerika, menggunakan pesawat SpaceX.

SpaceX memang meluncurkan misi Crew-5 pada 5 Oktober 2022 silam. Mereka mengirimkan empat astronot menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Misi kru kelima SpaceX ke ISS ini di bawah kontrak kru komersial NASA. Yang menarik, NASA memang merancang kapsul Dragon yang bernama Endurance itu untuk membawa awak yang berasal dari berbagai negara. Antara lain ada astronot NASA Nicole Mann dan Josh Cassada, spaceflyer Jepang Koichi Wakata dan kosmonot Rusia Anna Kikina.

Wakata adalah astronot yang paling senior. Sudah 5x ke luar angkasa. Sementara 3 kru lainnya masih pemula. Nicole Mann adalah wanita native Amerika pertama yang mencapai luar angkasa. Sedangkan Kikina adalah kosmonot pertama yang mengangkasa dengan SpaceX.

Keberangkatan Anna Kikina ini menarik. Sebab, saat ini Rusia dan Amerika sedang bersitegang terkait perang Rusia-Ukraina.

Namun, Anna Kikina tetap harus berangkat. Sebab, sudah ada perjanjian pertukaran awak antara NASA dan Roscosmos, badan antariksa Rusia, yang ditandatangani awal tahun ini.

Meskipun pejabat NASA menyebut waktunya sebagai kebetulan, perjanjian itu diumumkan pada 15 Juli, hari yang sama ketika direktur Roscosmos yang kontroversial Dmitry Rogozin dicopot dari jabatannya.

Lahir pada 27 Agustus 1984 di Novosibirsk, Anna Kikina adalah astronot Rusia dan satu-satunya astronot wanita di “Roscosmos” sejak 2016.

Profil Anna Kikina, Kosmonot Cantik Pertama yang ke Luar Angkasa dengan Roket SpaceX

Anna lulus dari Akademi Transportasi Air Negara Novosibirsk pada 2006 dengan gelar Perlindungan dalam Situasi Darurat. Dua tahun kemudian, ia menerima gelar dalam Manajemen Ekonomi dan Perusahaan (Transportasi).

Pada 2012, Anna resmi menjadi kandidat untuk posisi test astronot. Selama dua tahun berikutnya, ia menjalani banyak tes pelatihan dan secara resmi menerima posisi tersebut pada 2014.

Meski belum memiliki pengalaman terbang ke luar angkasa, pada 2017 dia ikut serta dalam eksperimen internasional “SIRIUS” yang mensimulasikan penerbangan ke Bulan. Saat tidak berlatih, Anna berlatih olahraga ekstrem lainnya termasuk arung jeram, poliatlon, dan terjun payung.



Anna adalah salah satu ikon kampanye Mattel “You Can Be Whole You Want”, yang bertujuan menginspirasi gadis-gadis muda untuk mengejar profesi yang mereka pilih.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3725 seconds (0.1#10.140)