Riset: Penganut Diet Vegetarian Ternyata Lebih Gampang Depresi

Jum'at, 14 Oktober 2022 - 10:04 WIB
loading...
Riset: Penganut Diet Vegetarian Ternyata Lebih Gampang Depresi
Studi terbaru soal hubungan vegetarian dan depresi dilakukan oleh ilmuwan di Brazil. Foto: ist
A A A
BRAZIL - Selama ini penganut diet vegetarian identik dengan gaya hidup sehat, dengan menerapkan pola makan tanpa mengonsumsi makanan yang berasal dari hewan.

Namun, penelitian terbaru mengungkap bahwa vegetarian ternyata lebih gampang depresi dibanding orang yang memakan daging. Demikian diungkap Science Alert.

Ilmuwan dari Brazil ternyata menemukan tingkat depresi yang lebih tinggi di antara mereka yang tidak makan daging. Uniknya, ini tidak ada hubungannya dengan asupan nutrisi atau kekurangan gizi.

Peneliti yang diterbitkan dalam Journal of Affective Disorders mengungkap bahwa orang yang menerapkan pola makan vegetarian dapat memengaruhi hubungan seseorang dengan orang lain dan keterlibatan dalam aktivitas sosial.

Ini terkait vegetarian yang acap mendapatkan ejekan atau bentuk pengucilan sosial. Termasuk di internet.

Studi baru ini didasarkan pada data survei yang dikumpulkan di Brazil, negara yang terkenal dengan pola makan dagingnya yang banyak. Namun, hasil penelitian di Brazil ini belum tentu sama ketika diterapkan di negara seperti India atau negara-negara lain yang menganggap vegetarisme merupakan norma sosial.

Salah satu variabel yang tidak diperiksa, tetapi secara masuk akal terkait dengan vegetarianisme dan depresi adalah paparan gambar kekerasan dari industri daging.

Mencegah kekejaman terhadap hewan adalah alasan yang paling sering dikemukakan oleh para vegetarian untuk menghindari daging.

Riset: Penganut Diet Vegetarian Ternyata Lebih Gampang Depresi

Dokumenter seperti Dominion dan Earthlings yang menggambarkan kekejaman dalam industri daging tidak dapat dengan mudah digambarkan sebagai film yang menyenangkan.

Mereka yang mengkonsumsi berbagai media dan informasi terkait kekejaman hewan biasanya memicu mereka menjadi vegetarian. Dan ini yang membuat mereka menjadi depresi. Ada beberapa alasan lain yang menjelaskan hubungan antara vegetarisme dan depresi.



Yang jelas, studi baru ini menunjukkan bahwa nutrisi vegetarian bukanlah penyebab depresi. Sebaliknya, justru pengalaman sosial vegetarian yang dapat menyebabkan depresi.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3502 seconds (0.1#10.140)