7 Negara dengan Danau Alami Terbanyak di Dunia, Nomor 4 Satu-Satunya di Asia

Jum'at, 14 Oktober 2022 - 16:51 WIB
loading...
7 Negara dengan Danau Alami Terbanyak di Dunia, Nomor 4 Satu-Satunya di Asia
Negara dengan danau alami terbanyak di dunia menarik untuk dibahas. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Negara dengan danau alami terbanyak di dunia menarik untuk dibahas. Dalam perkembangannya, kemunculan danau-danau ini tak lepas dari latar belakang wilayah masing-masing negara tersebut.

Sebagai contoh, ketika sebuah wilayah tertentu dulunya berada di lapisan es. Maka seiring berjalannya waktu, lapisan tersebut akan mencair dan membuat sekelilingnya dipenuhi oleh air.

Baca juga : Danau-danau Kering Bermunculan, Bukti Bumi Bocor Tak Terbantahkan

Dilansir dari laman Topteny dan A-z Animals, berikut tujuh negara dengan danau alami terbanyak di dunia.

1. Kanada

Kanada menjadi negara pertama dalam daftar ini. Tercatat, negara di kawasan Amerika Utara ini memiliki sekitar 879.800 danau dan menjadikannya sebagai yang terbanyak di dunia.

Adapun penyebab Kanada memiliki danau yang sangat banyak ini adalah karena sebagian wilayahnya pernah berada di bawah lapisan es besar. Pada perkembangannya, beratnya lapisan es tersebut membuat pengisian lanskap dengan air.

Akibatnya, danau-danau ini menutupi sekitar 9 persen dari luas permukaan Kanada. Dari sekian banyak, Great Bear Lake menjadi yang terbesar dengan ukurannya yang sangat luas.

2. Rusia

Rusia dikenal sebagai negara dengan wilayah terluas di dunia. Dengan status tersebut, Moskow juga diketahui memiliki sangat banyak danau alami. Adapun totalnya sendiri diperkirakan mencapai 201.200 danau.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4366 seconds (0.1#10.140)