Ketangkap Basah Bikin Virus Super-Covid Hibrida, AS Tak Bisa Ngeles Lagi

Kamis, 20 Oktober 2022 - 06:49 WIB
Ketangkap Basah Bikin Virus Super-Covid Hibrida, AS Tak Bisa Ngeles Lagi
Ilmuwan AS terbukti ciptakan Virus Virus Super-Covid Hibrida. FOTO/ IST
NEW YORK - Tudingan Rusia dan China terkait kepemilikan laboratorium senjata biologis Amerika Serikat di Ukraina bukanlah kabar hisapan jempol semata.

Kali ini Sebuah laboratorium di Amerika Serikat (AS) dituduh mencoba 'bermain api' ketika menciptakan virus super-covid hibrida yang membunuh 80 persen tikus laboratorium yang diuji.

Seperti dilansir dari Daily Star Kamis (20/10/2022), sekelompok ilmuwan dari Universitas Boston menggabungkan varian Omicron dan yang asli dari Wuhan untuk membentuk strain baru super-covid.

Penelitian ini digambarkan sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan patogen penyebab penyakit untuk menginformasikan kesehatan masyarakat dan upaya kesiapsiagaan di masa depan.

Tetapi pada saat yang sama, itu juga dapat membuat orang terpapar virus berbahaya secara tidak sengaja.

Penelitian ini didukung oleh ahli kimia dari Rutgers University, Dr. Richard Ebright yang menganggap hal itu perlu dilakukan untuk meningkatkan pengendalian pandemi masyarakat di masa depan.

“Penelitian seperti ini merupakan contoh nyata manfaat penelitian multi fungsi.

"Jika kita ingin menghindari pandemi yang dihasilkan laboratorium berikutnya, pengawasan penelitian patogen pandemi potensial yang ditingkatkan diperkuat," tegasnya.

Virus menggunakan paku protein untuk menempel dan memasuki sel yang mereka infeksi. Omicron memiliki lusinan mutasi sehingga membuatnya sangat menular.

Ketika sekelompok tikus terkena strain Omicron asli, semua selamat dan hanya mengalami gejala ringan.
Iklan oleh Kiosked

Namun, 80 persen dari kelompok hewan yang terpapar strain hibrida super-covid ditemukan mati.