Terungkap Cara Larva Nyamuk Berburu, Kepalanya Terlepas Seperti Tombak Terbang Menangkap Mangsa

Kamis, 20 Oktober 2022 - 18:06 WIB
Untuk pertama kali para peneliti berhasil mengungkap bagaimana larva nyamuk menangkap mangsa sebagai makanan. Ternyata larva nyamuk melepaskan kepalanya, bak tombak terbang untuk menangkap mangsa. Foto/Live Science
WASHINGTON - Untuk pertama kali para peneliti berhasil mengungkap bagaimana larva nyamuk menangkap mangsa sebagai makanan. Hasilnya sangat menakjubkan , ternyata larva nyamuk melepaskan kepalanya, bak tombak terbang untuk menangkap mangsa.

Dalam serangan yang cepat untuk dilihat dengan mata telanjang, larva nyamuk yang dikenal sebagai pemangsa berukuran panjang sekitar 2 sentimeter. Kemudian larva nyamuk meluncurkan kepala mereka ke arah korbannya seperti tombak kecil.

Dalam penelitian selama beberapa dekade, para ilmuwan mendokumentasikan larva di tiga spesies nyamuk saat memakan mangsanya. Temuan yang diterbitkan 4 Oktober di jurnal Annals of the Entomological Society of America, mengungkapkan bahwa dua dari spesies tersebut adalah Toxorhynchites amboinensis dan Psorophora ciliate.

Mereka dapat meluncurkan kepala untuk menangkap mangsa dalam waktu sekitar 15 milidetik. Secara mengejutkan, para peneliti menemukan bahwa menangkap mangsa dengan cepat juga terjadi di Sabethes cyaneus, spesies nyamuk di mana larvanya adalah pengumpan filter pasif.

"Mereka menggunakan siphon untuk menangkap larva mangsa dan menariknya ke dalam mulutnya yang menganga. Saya tidak percaya ini, ini momen yang luar biasa,” kata Robert Hancock, profesor Departemen Biologi di Metropolitan State University of Denver dikutip SINDOnews dari laman Live Science, Kamis (20/10/2022).

Hancock pertama kali mengamati kecakapan berburu ini beberapa dekade yang lalu selama kelas entomologi medis bersama Woody Foster yang sekarang menjadi profesor emeritus di Departemen Evolusi, Ekologi dan Biologi Organisme di The Ohio State University di Columbus. Hancock dan rekannya mulai memfilmkan eksperimen dengan T. amboinensis dan P. ciliata pada 1990-an.

Mereka menggunakan sistem optik tercepat yang tersedia: kamera film 16 milimeter yang telah dirancang militer AS untuk melacak rudal. Setelah penulis penelitian mengadaptasi kamera untuk memfilmkan melalui mikroskop, mereka menahan larva mangsa dengan pinset untuk menahan predator.

Para peneliti, akhirnya menangkap rekaman larva pada 340 frame per detik (fps). Sebagian besar waktu, predator akan membuat sedikit gerakan tubuh ketika mangsa diperkenalkan ke lingkungan mereka. Kemudian itu memberi sinyal kepada para peneliti bahwa sudah waktunya untuk menekan tombol pada kamera film.

Para ilmuwan menemukan bahwa larva meluncurkan kepala menggunakan dorongan dari akumulasi tekanan perut dan sekumpulan bulu kecil seperti sikat di sekitar kepala mereka menyebar seperti kipas. Ini membantu menyapu mangsa ke rahang predator yang menganga dan bergigi tajam.

“Semua ilmuwan senang dengan penemuan mereka, tetapi sains semacam ini, penemuan visual ini, istimewa,” kata Hancock.