Langka dan Unik, 10 Hewan Ini Memiliki Tubuh Berwarna Biru!

Senin, 24 Oktober 2022 - 08:41 WIB
loading...
Langka dan Unik, 10 Hewan Ini Memiliki Tubuh Berwarna Biru!
Biru adalah warna yang paling langka yang bisa ditemukan di hewan. Sebab, mayoritas hewan tidak memiliki pigmen warna biru. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Meski biru menjadi warna terpopuler di dunia, tapi warna tersebut merupakan salah satu pigmen paling langka yang ditemukan di alam. Terutama di kerajaan hewan . Meski ada banyak hewan berwarna hijau, kuning, dan merah, hampir tidak ada hewan warna biru.

Alasan utama mengapa warna biru sangat langka adalah rentang pigmen yang relatif sempit yang menyebabkan pewarnaan pada hewan.

Warna-warna yang ada di hewan muncul karena kemampuan hewan tersebut untuk menghasilkan pigmen warna tersebut atau menyerapnya dari makanan yang mereka makan.

Misalnya, melanin adalah salah satu pigmen paling umum yang diproduksi oleh hewan dan bertanggung jawab atas warna coklat atau hitam pada sebagian besar rambut atau bulu mamalia dan beberapa bulu burung.

Sementara itu, pigmen merah dan jingga diproduksi oleh karotenoid pada tumbuhan dan alga, yang kemudian dikonsumsi oleh hewan seperti udang dan lobster, sehingga memberikan warna merah muda. Flamingo juga mendapatkan warna merah muda dari karotenoid yang ditemukan pada udang yang mereka makan.

Adapun beberapa tanaman dapat menghasilkan pigmen biru berkat anthocyanin, sebagian besar makhluk di kerajaan hewan tidak dapat membuat pigmen biru.

Warna biru pada hewan biasanya merupakan hasil dari efek struktural, seperti permainan warna dan refleksi selektif. Nah, berikut adalah hewan langka dengan warna biru:

1. Burung Jay Biru
Langka dan Unik, 10 Hewan Ini Memiliki Tubuh Berwarna Biru!

Burung Jay Biru (Cyanocitta cristata) memiliki kantung udara kecil di bulu yang menyebarkan cahaya, membuatnya tampak biru di mata kita. Warna biru burung Jay tidak disebabkan oleh pigmen.

2. Iguana Biru
Langka dan Unik, 10 Hewan Ini Memiliki Tubuh Berwarna Biru!

Iguana biru (Cyclura lewisi) adalah satwa endemik pulau Grand Cayman. Punya rentang hidup terpanjang dari kadal mana pun, mampu hidup hingga 69 tahun. Ketika lahir, mereka memiliki pola rumit tetapi hampir tidak berwarna biru. Saat dewasa, mereka menjadi lebih biru warnanya. Iguana biru hanya akan membuat dirinya menjadi biru ketika bersentuhan dengan anggota lain dari spesiesnya baik untuk berkomunikasi dengan mereka atau untuk membangun wilayahnya.

3. Siput Air Glaucus atlanticus
Langka dan Unik, 10 Hewan Ini Memiliki Tubuh Berwarna Biru!

Glaucus atlanticus adalah spesies nudibranch yang aneh. Siput air ini mengapung terbalik di air. Warna biru Glaucus atlanticus berfungsi sebagai bentuk kamuflase, memungkinkan siput laut berbaur dengan birunya lautan dan menyulitkan pemangsa seperti burung laut yang terbang di atas air untuk menemukannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5505 seconds (0.1#10.140)