Perubahan Iklim Bikin Lebih Banyak Pelangi Nongol di Bumi

Jum'at, 04 November 2022 - 06:30 WIB
loading...
A A A
Untuk menjawab pertanyaan ini, tim termasuk mahasiswa di UH Manoa melihat foto-foto yang diunggah ke Flickr, sebuah platform media sosial tempat orang-orang berbagi foto.

Mereka memilah-milah puluhan ribu foto yang diambil di seluruh dunia, diberi label dengan kata "pelangi", untuk mengidentifikasi pelangi yang dihasilkan dari pembiasan cahaya oleh tetesan hujan.

Kemudian, para ilmuwan melatih model prediksi pelangi berdasarkan lokasi foto pelangi dan peta curah hujan, tutupan awan, dan sudut matahari.

Pada akhirnya, mereka menerapkan model mereka untuk memprediksi kejadian pelangi saat ini dan masa depan di wilayah daratan global. Model menunjukkan bahwa pulau-pulau adalah tempat yang tepat untuk pelangi.

Perubahan Iklim Bikin Lebih Banyak Pelangi Nongol di Bumi

Kepulauan menjadi tempat terbaik untuk melihat pelangi. Foto: ist

"Kepulauan adalah tempat terbaik untuk melihat pelangi," menurut Steven Businger, profesor Ilmu Atmosfer di SOEST. "Ini karena pulau mengangkat udara selama angin laut setiap hari, menghasilkan hujan lokal yang dikelilingi oleh langit cerah yang membiarkan matahari masuk untuk menghasilkan pelangi yang megah."



Kepulauan Hawaii, yang baru-baru ini dijuluki "ibu kota pelangi dunia", diprediksi akan mengalami beberapa hari lagi dengan pelangi per tahun.

"Perubahan iklim akan menghasilkan perubahan yang meluas di semua aspek pengalaman manusia di Bumi. Pergeseran di bagian tak berwujud dari lingkungan kita, seperti suara dan cahaya, adalah bagian dari perubahan ini dan patut mendapat perhatian lebih dari para peneliti,"kataCarlson.
(dan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5464 seconds (0.1#10.140)