Fenomena Alam St. Elmo's Fire Menyelimuti Pesawat Airbus di Udara

Rabu, 09 November 2022 - 14:03 WIB
loading...
Fenomena Alam St. Elmos Fire Menyelimuti Pesawat Airbus di Udara
Fenomena Alam St. Elmos Fire. FOTO/ IST
A A A
MIAMI - Fenomena alam langka St. Elmo's Fire terjadi di atas langit Miami Amerika Seikat. Kejadian langka itu juga diabadikan seorang pilot Airbus saat terbang dari Miami ke Denver.

St. Elmo's Fire Ini merupakan fenomena alam langka yang mirip-mirip dengan kilatan badai.



Seperti dilansir dari Metro, Rabu (9/11/2011) pilot bernama Luis Andress berhasil memotret pemandangan mengerikan itu dari balik kokpit. Di mana dalam foto tampak kilatan menyelimuti pesawat yang dikendarainya.

Kilatan dari fenomena St. Elmo's Fire yang berhasil ditangkap Luis Andreas berwarna biru menyala dengan intensitas yang sangat besar. Terlihat dengan jelas bahwa kilatan berada sangat dekat di depan pesawat.

"Saya tinggal di Florida, dan sedang melakukan penerbangan MIA-DEN pada hari yang sama ketika Badai Ian lewat," kata Luis Andreas mengisahkan.

"'Itu adalah sebuah tontonan luar biasa. Saya terkesan karena ini adalah pertama kalinya saya melihat fenomena St. Elmo's Fire dengan intensitas seperti itu," lanjutnya.

Untuk diketahui, fenomena St. Elmo's Fire yang baru saja terjadi telah menyebabkan kerusakan senilai USD50 miliar atau Rp 782 triliun di seluruh Florida. Fenomena ini sangat jarang terjadi.

Di mana sebuah lucutan plasma yang sangat terang terbentuk akibat lucutan korona yang berasal dari objek dasar yang berlistik berbentuk atmosfer, seperti dalam badai petir atau badai listrik yang terbentuk akibat letusan gunung berapi.

Nama St. Elmo's Fire berasal dari Erasmus dari Formiae yang juga dikenal sebagai St. Elmo, seorang santo pelindung dan pelaut.

Fenomena ini muncul di kapalnya yang sedang dihadang badai petir, ia melihat fenomena ini dengan takjub, sehingga ia menamai fenomena ini dengan nama St. Elmo's Fire.

Fenomena itu, yang dapat memperingatkan akan sambaran petir yang akan segera terjadi, dianggap oleh para pelaut dengan kagum dan kadang-kadang dianggap sebagai pertanda baik.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1450 seconds (0.1#10.140)