Tonga Diguncang Gempa 7,1 SR, US Tsunami Minta Negara Terdekat Siaga Satu

Jum'at, 11 November 2022 - 20:44 WIB
loading...
Tonga Diguncang Gempa 7,1 SR, US Tsunami Minta Negara Terdekat Siaga Satu
Gempa bumi berkekuatan besar dengan magnitudo 7,9 skala skala richter (SR) mengguncang Tonga. FOTO/ DAILY
A A A
CAPE TOWN - Gempa bumi berkekuatan besar dengan magnitudo 7,1 skala skala richter (SR) mengguncang Tonga, Jumat (11/11/2022) hari ini. Tak lama setelah gempa berkekuatan besar Pemerintah menguluarkan peringatan Tsunami.

BACA JUGA - Waspadai Potensi Gempa-Tsunami di Selatan Jatim

Gempa mengguncang negara itu dengan pusat gempa sekitar 207 km (128 mil) dari ibu kota.

Seperti dilansir dari Daily Star (11/11/2022), otoritas setempat memperingatkan penduduk untuk pindah ke daratan yang lebih tinggi.

"Anda disarankan untuk segera mengungsi ke daratan ke tempat yang tinggi atau ke tingkat 3 bangunan baja atau beton sampai ancaman Tsunami berlalu. Pelaut disarankan untuk pindah ke laut dalam jauh dari terumbu karang," tulis Daily mengutip dari Jubir Pemerintah Tonga

Negara yang secara resmi bernama Kerajaan Tonga ini terdiri dari sekitar 170 pulau yang dibagi menjadi tiga kelompok pulau utama yaitu Tongatapu di selatan, Ha'apai di tengah, dan Vava'u di utara.

Menurut badan bencana US Tsunami.gov ada ancaman bagi Samoa Amerika mengatakan '' Permukaan laut berfluktuasi dan arus laut semakin kuat menjadi bahaya di sepanjang pantai di pelabuhan dan di perairan pantai, egara terdekat siaga 1," tulis US Tsunami.

Pada Sabtu 15 Januari 2022 lalu, sebuah letusan gunung berapi bawah laut Hunga Tonga-Hunga Ha’apai di lepas pantai Tonga juga memicu gelombang tsunami yang menerjang wilayah Tonga hingga ke ibu kota, Nuku’alofa.

Tonga terletak di sebelah barat daya Samudera Pasifik, Tonga memiliki iklim sub-tropis, kecuali di pulau-pulau paling utara, yang sebagian besar beriklim tropis.

Sementara itu, suhu di negara ini berkisar antara 16-21 derajat Celsius pada bulan Juni-Juli, dan mencapai suhu 27 derajat Celsius sekitar bulan Desember hingga Januari.

Sebagai informasi, pulau-pulau sebelah utara di negara ini paling dekat dengan Khatulistiwa, sehingga sangat rentan terhadap angin topan, dan umumnya terjadi antara bulan Desember hingga April.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1334 seconds (10.55#12.26)