Hidung Seorang Wanita Tumbuh di Lengannya, Ternyata Ini Alasannya!

Senin, 14 November 2022 - 06:53 WIB
loading...
Hidung Seorang Wanita Tumbuh di Lengannya, Ternyata Ini Alasannya!
Hidung buatan ditumbuhkan di lengan yang nantinya akan ditransplantasi ke hidung pasien penderita kanker. Foto: ist
A A A
PRANCIS - Seorang Dokter Bedah Plastik di Prancis menumbuhkan hidung di lengan wanita. Hidung tersebut lantas ditransplantasikan ke bagian wajah. Prosedur ini, baru pertama kali dicoba.

Ahli bedah plastik mengatakan bahwa ini adalah contoh pertama dari prosedur tersebut.

Pasien wanitanya memang menderita kanker sinus. Sehingga, harus kehilangan sebagian besar hidungnya. Ia sudah menjalani beberapa rekonstruksi (operasi plastik) yang yang gagal.

“Akhirnya, metode baru yang melibatkan pertumbuhan kulit di atas prostetik cetak 3D diusulkan dan dicoba di rumah sakit di Toulouse,” tulis keterangan resmi Cerhum, perusahaan asal Belgia yang membuat prostetik cetak 3D tersebut.

Nantinya, hidung yang tumbuh di lengan tersebut akan ditransplantasikan ke hidung pasien. Transplantasi organ atau cangkok organ adalah pemindahan seluruh atau sebagian organ dari satu tubuh ke tubuh yang lain, atau dari suatu bagian ke bagian yang lain pada tubuh yang sama.

“Teknik prostetik cetak 3D sudah digunakan untuk bagian tubuh lain. Tetapi hidung baru pertama kali. Sebab, hidung bentuknya tiga dimensi. Sehingga sulit untuk mendapatkan lapisan luar, lapisan tengah, dan lapisan dalam,” komentar Dr. Ben Talei, ahli bedah plastik wajah di California.

Seluruh proses tersebut butuh beberapa langkah dan berlangsung selama beberapa bulan, menurut keterangan resmi rumah sakit.

Talei mengatakan, ada beberapa langkah metode prostetik cetak 3D. Pertama, prostesis dibuat dan ditempatkan di lengan bawah wanita itu.

Jenis prostetik ini biasanya “berpori sehingga sel-sel pasien sendiri dapat tumbuh,” imebuh Dr. Michael Salzhauer, ahli bedah plastik di Florida, kepada McClatchy News.

Lalu, bagian kulit di lengan bawah kemudian dililitkan di sekitar prostetik. Kemudian vena serta arteri direkatkan sehingga area tersebut akan "divaskularisasi".
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1435 seconds (11.97#12.26)