Rumah Sakit Gdansk Gunakan Robot untuk Operasi Saluran Kemih Anak-Anak

Selasa, 07 Maret 2023 - 20:30 WIB
loading...
Rumah Sakit Gdansk Gunakan Robot untuk Operasi Saluran Kemih Anak-Anak
Sebuah rumah sakit di Gdansk, menjadi yang pertama di Polandia menggunakan robot untuk membantu melakukan operasi pada anak-anak. Foto/UCK/The First News
A A A
WARSAWA - Sebuah rumah sakit di Gdansk, menjadi yang pertama di Polandia menggunakan robot untuk membantu melakukan operasi pada anak-anak. Operasi yang dilakukan, adalah operasi onkologi dan saluran kemih, terhadap tiga anak perempuan berusia dipantau tim Prancis-Polandia di Rumah Sakit University Clinical Center (UCK).

Di antara tiga operasi yang dibantu robot , satu melibatkan pengangkatan kista adrenal, yang lain tumor pankreas, dan satu lagi dilakukan untuk memperbaiki cacat saluran urologi dalam bentuk hidronefrosis. UCK mengumumkan keberhasilan operasi di halaman Facebook mereka bersama dengan film pendek dari salah satu dari mereka dan berita bahwa salah satu pasien muda telah dipulangkan.

“Operasi robot membawa potensi keuntungan dan kemungkinan yang sangat besar bagi pasien muda dan dokter,” kata Prof Piotr Czauderna, Kepala Departemen Bedah dan Urologi untuk Anak dan Remaja di UCK, dikutip dari laman the first news, Selasa (7/3/2023).



Ketiga operasi dilakukan oleh ahli Prancis Prof Thomas Blanc dari Rumah Sakit Necker-Enfants Malades di Paris. Dia dibantu oleh spesialis Polandia dari Departemen Bedah dan Urologi untuk Anak dan Remaja.

Dokter di UCK berharap dapat melakukan 40-50 operasi menggunakan bantuan robot per tahun, tetapi robot tersebut tidak akan berada di UCK secara permanen. Robot-robot itu hanya akan dibawa untuk kasus-kasus yang dibenarkan yang telah disepakati dan direncanakan sebelumnya.
Rumah Sakit Gdansk Gunakan Robot untuk Operasi Saluran Kemih Anak-Anak


“Tentu saja tingkat presisi dan kemudahan yang lebih tinggi dalam melakukan operasi oleh ahli bedah setelah mereka mendapatkan pengalaman. Operasi dengan bantuan robot memungkinkan kami menghilangkan kesulitan ini,” tambah Czauderna.



Penggunaan robot menghapus faktor kelelahan pada dokter yang melakukan operasi dalam waktu lama. Semakin lama operasi, semakin sulit untuk dioperasi dan semakin tinggi ketidaknyamanan.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2689 seconds (0.1#10.140)