9 Jam Setelah Peluncuran, Kapsul Orion Artemis 1 Kirim Gambar Pertama Bumi

Kamis, 17 November 2022 - 16:23 WIB
loading...
9 Jam Setelah Peluncuran, Kapsul Orion Artemis 1 Kirim Gambar Pertama Bumi
Setelah 9 jam diluncurkan dari Kompleks 39B di Kennedy Space Center NASA di Florida, kapsul Orion Artemis 1 mengirimkan gambar pertama. Foto/NASA
A A A
FLORIDA - Setelah 9 jam diluncurkan dari Kompleks 39B di Kennedy Space Center NASA di Florida, kapsul Orion Artemis 1 mengirimkan gambar pertama. Gambar ini seperti foto selfie ketika kapsul Orion dalam perjalanan ke Bulan dengan latar belakang Bumi.

Pada saat itu, kapsul Orion berada lebih dari 92.000 kilometer dari Bumi, atau sekitar seperlima dari jarak Bumi ke bulan. Kapsul Orion bergerak dengan kecepatan hampir 8.800 km per jam.

“Pemandangan Bumi ini ditangkap dari pesawat antariksa manusia yang belum pernah terlihat sejak 1972 selama misi terakhir Apollo sekitar 50 tahun yang lalu,” kata juru bicara NASA Sandra Jones selama siaran langsung hari ini dikutip SINDOnews dari laman Space.com, Kamis (17/11/2022).

Baca juga; NASA Luncurkan Roket Artemis 1 Malam Hari, Pantai Florida Bakal Terang Benderang

Selain gambar selfie, NASA juga merilis tampilan dari dalam kapsul Orion, yang menunjukkan "penumpang" Komandan Moonikin Campos. Boneka ini untuk menguji setelan seragam oranye yang akan dikenakan astronot di atas kendaraan pada penerbangan berikutnya.

Juga terlihat tampilan internal eksperimen Callisto, kemitraan dengan Amazon untuk menguji teknologi Alexa di luar angkasa. Salah satu jendela kapsul Orion terlihat di sisi kanan tampilan.

Dua kamera lain terletak di dalam pesawat ruang angkasa, menurut pernyataan NASA satu melihat ke luar jendela depan kapsul Orion dan yang lainnya melihat ke luar jendela palka atas. Kamera ini untuk merekam kapsul Orion membuang sistem pembatalan peluncuran sebelumnya dan penyebaran parasut saat mendarat.

Tampilan selfie menunjukkan kapsul Orion di sebelah kiri gambar, termasuk sistem manuver orbitnya, mesin besar yang menggerakkan penerbangannya mengelilingi bulan. Juga terlihat pada gambar adalah satu panel surya dan bagian dari panel kedua.

Baca juga; Temukan Kerusakan Kecil Akibat Badai Nicole, NASA Tetap Luncurkan Misi Artemis 1

Secara keseluruhan, kendaraan tersebut membawa empat panel surya yang disusun dalam bentuk seperti salib. Gambar tersebut, sebenarnya, berasal dari salah satu panel tersebut, yang disebut NASA sebagai Sayap Susunan Surya.

"Masing-masing dari empat sayap susunan surya Orion memiliki kamera komersial yang dipasang di ujungnya yang telah dimodifikasi untuk digunakan di luar angkasa. Ini memberikan tampilan eksterior pesawat ruang angkasa," kata David Melendrez, Pimpinan Integrasi Citra untuk Program Orion di NASA Johnson Space Center di Houston.
9 Jam Setelah Peluncuran, Kapsul Orion Artemis 1 Kirim Gambar Pertama Bumi


Misi Artemis 1 telah mencapai semua tonggak penting setelah dilakukan peluncuran yang sukses. Kapsul Orion akan menghabiskan lima hari perjalanan menuju bulan.

Kapsul Orion akan melakukan pendekatan terdekat ke Bulan pada Senin 21 November 2022. Kemudian menghabiskan beberapa hari menetap di orbit bulan sebelum berbalik arah. Misi 25 hari akan berakhir pada 11 Desember 2022.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1731 seconds (10.101#12.26)