Mengapa Menemukan Makam Cleopatra Dianggap Penting? Ada Rahasia Besar Belum Terungkap

Kamis, 17 November 2022 - 22:21 WIB
loading...
A A A
Makam itu ditemukan utuh, dan ini telah memungkinkan penyelidikan ilmiah selama beberapa dekade ke dalam isinya, memajukan pengetahuan kita tentang anggota keluarga kerajaan Makedonia dan istana mereka. “Hal yang sama akan terjadi jika makam Cleopatra ditemukan, dan ternyata masih utuh,” tulis laman iflscience, Kamis (17/11/2022).

Jumlah informasi baru yang dapat dikumpulkan oleh ahli Mesir Kuno, klasik, sejarawan kuno, dan arkeolog dari isinya akan sangat banyak. Sebagian besar, pengetahuan kita tentang Cleopatra dan pemerintahannya berasal dari sumber sastra Yunani dan Romawi kuno, yang ditulis setelah kematiannya dan secara inheren memusuhi ratu Mesir.
Mengapa Menemukan Makam Cleopatra Dianggap Penting? Ada Rahasia Besar Belum Terungkap

Mausoleum (makam) Augustus, musuh bebuyutan Antony dan Cleopatra, di Roma, Italia.

Sampai saat ini, tidak ada makam penguasa Ptolemeus lain yang ditemukan. Mereka dilaporkan semuanya terletak di kawasan istana Alexandria dan diyakini berada di bawah laut bersama bagian kota lainnya.



Arsitektur dan isi material dari makam itu sendiri akan membuat para sejarawan sibuk selama beberapa dekade, dan memberikan informasi yang belum pernah ada sebelumnya tentang kultus kerajaan Ptolemeus dan perpaduan budaya Makedonia dan Mesir.

Tetapi jika jenazah Cleopatra juga ada di sana, mereka dapat memberi tahu kita lebih banyak lagi. Termasuk penyebab kematiannya, penampilan fisiknya, dan bahkan menjawab pertanyaan pelik tentang rasnya.

Penemuan makam Cleopatra akan sangat berharga bagi ahli Mesir Kuno dan cendekiawan lainnya. Tapi, apakah adil mengusik ratu untuk damai dalam kematian yang tidak dia terima dalam hidup?
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2346 seconds (0.1#10.140)