Mengapa Menemukan Makam Cleopatra Dianggap Penting? Ada Rahasia Besar Belum Terungkap

Kamis, 17 November 2022 - 22:21 WIB
loading...
Mengapa Menemukan Makam Cleopatra Dianggap Penting? Ada Rahasia Besar Belum Terungkap
Dinding selatan kuil Hathor di Dendera. Cleopatra dan putranya Caesarian digambarkan di sisi kanan. Foto/iflscience
A A A
KAIRO - Masih dalam suasana 100 tahun peringatan penemuan makan Raja Tutankhamun, para ahli sejarah Mesir menemukan terowongan di bawah kuil Taposiris Magna, yang diperkirakan mengarah ke makam Ratu Cleopatra . Para ahli sejarah Mesir sangat bersemangat karena penemuan makam Ratu Cleopatra, jika benar, memiliki arti yang sangat penting.

Ekskavator telah menemukan sebuah terowongan di bawah kuil Taposiris Magna, di sebelah barat kota kuno Alexandria, yang diperkirakan mengarah ke makam Ratu Cleopatra. Bukti ini benar-benar masih harus diteliti lagi, tetapi penemuan semacam itu akan menjadi penemuan besar, dengan potensi untuk menulis ulang tentang ratu paling terkenal di Mesir.

Menurut penulis Yunani kuno Plutarch, yang menulis biografi suami Cleopatra, jenderal Romawi Mark Antony, baik Antony maupun Cleopatra dimakamkan di dalam mausoleum Cleopatra. Plutarch bertanggung jawab atas catatan terlama dan terinci tentang hari-hari terakhir pemerintahan Cleopatra.

Baca juga; Terowongan di Bawah Kuil Osiris Mesir Diyakini Mengarah ke Makam Cleopatra

Menurut Plutarch, pada hari di bulan Augustus pasukan Romawi menginvasi Mesir dan merebut Aleksandria. Antony jatuh di atas pedangnya, mati di pelukan Cleopatra, dan kemudian dimakamkan di mausoleum.

Dua minggu kemudian, Cleopatra pergi ke mausoleum untuk memberikan persembahan dan menuangkan persembahan, dan mengambil nyawanya sendiri dengan cara yang masih belum diketahui. Kesalahpahaman yang populer adalah bahwa dia digigit ular berbisa. Dia juga kemudian dikebumikan di mausoleum.

Pada hari-hari berikutnya, putra Antony, Marcus Antonius Antyllus, dan putra Cleopatra, Ptolemy XV Caesar yang juga dikenal sebagai Caesarion atau Caesar Kecil, keduanya dibunuh oleh pasukan Romawi. Kedua pemuda itu mungkin juga dimakamkan di sana.

Jika makam Cleopatra belum menghilang di bawah gelombang Mediterania bersama dengan sebagian besar kota Helenistik Alexandria, dan suatu hari ditemukan, tentu menjadi penemuan arkeologi terbesar.

Baca juga; Heboh Penemuan Ratusan Mumi Dekat Makam Raja Tutankhamun, Ada Piramida Seorang Ratu

Sementara makam banyak penguasa terkenal, seperti makam Augustus, musuh bebuyutan Antony dan Cleopatra, di Roma, isinya sering dijarah dan hilang berabad-abad yang lalu. Satu pengecualian penting adalah makam Philip II dari Makedonia, ayah dari Alexander Agung, ditemukan di Vergina pada akhir tahun 1970-an.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1447 seconds (10.177#12.26)