Bikin Takut Rusia dan China, Ini Kecanggihan X-37B Pesawat Ruang Angkasa Rahasia Militer AS

Senin, 21 November 2022 - 17:03 WIB
loading...
Bikin Takut Rusia dan China, Ini Kecanggihan X-37B Pesawat Ruang Angkasa Rahasia Militer AS
Pesawat luar angkasa rahasia militer X-37B tanpa awak dioperasikan oleh Angkatan Luar Angkasa AS (United States Space Force/USSF). Foto/Boeing/US Space Force
A A A
FLORIDA - Pesawat luar angkasa rahasia militer X-37B tanpa awak dioperasikan oleh Angkatan Luar Angkasa AS (United States Space Force/USSF). Pesawat ini baru mendarat di Stasiun Luar Angkasa Kennedy NASA pada 12 November setelah menghabiskan 908 hari di orbit.

Misi apa yang dilakukan pesawat X-37B di luar angkasa masih diselimuti misteri karena tidak ada keterangan detail yang diberikan. Kondisi ini membuat Rusia dan China khawatir dan menduga pesawat ini punya kemampuan militer yang disembunyikan.

Angkatan Luar Angkasa Amerika Serikat hanya mengungkapkan sedikit informasi tentang percobaan yang dilakukan di atas pesawat selama penerbangan terbarunya. Di antaranya tes Laboratorium Riset Angkatan Laut AS yang berhasil mengumpulkan cahaya dari matahari sebelum memancarkannya kembali ke Bumi sebagai gelombang mikro.

Baca juga; Pesawat X-37B Sanggup Mengorbit 700 Hari, Dicurigai Mampu Menembak Jatuh Satelit

Termasuk kemampuan penyebaran satelit pelatihan yang diarahkan secara elektromagnetik yang dirancang oleh kadet Angkatan Udara AS. NASA juga memberikan eksperimen, yang disebut Material Exposure and Technology Innovation in Space (METIS-2), yang meneliti efek ruang pada berbagai material.

Tidak ada detail lain dari eksperimen yang terungkap, sehingga menghadirkan spekulasi dari para pesaing, seperti Rusia dan China. Dmitry Rogozin, mantan kepala badan antariksa Roscosmos Rusia, mengklaim dalam wawancara bulan April dengan saluran berita milik negara Rusia Russia-24 bahwa pesawat itu dapat digunakan untuk memata-matai atau membawa senjata pemusnah massal.

Pakar dan komentator militer China Song Zhongping juga menggemakan kecurigaan ini. Dia mengatakan kepada South China Morning Post bahwa kemampuan pesawat untuk mengubah orbit di tengah penerbangan memberinya kemampuan untuk memata-matai satelit lain.

Ini termasuk target lain di Bumi serta meluncurkan serangan dari orbit. “Jika X-37B dapat diisi dengan satelit kecil, itu juga berarti dapat diisi dengan senjata. Mungkin juga dapat dilengkapi dengan lengan robot untuk menangkap satelit lain yang berada di orbit,” kata Song.

Baca juga; Pesawat Luar Angkasa Militer AS X-37B Catatkan Rekor 900 Hari di Orbit

Mantan pejabat Pentagon Heather Wilson juga berkomentari kemampuan pesawat itu untuk mengubah orbitnya. Sebuah kemampuan yang menurutnya memanfaatkan hambatan signifikan yang dihasilkan oleh orbit Bumi yang rendah.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1791 seconds (11.252#12.26)