Gunung Api Mauna Loa di Hawaii Meletus untuk Pertama Kalinya Dalam 38 Tahun

Senin, 28 November 2022 - 23:08 WIB
loading...
Gunung Api Mauna Loa di Hawaii Meletus untuk Pertama Kalinya Dalam 38 Tahun
Gunung berapi Mauna Loa di Hawaii meletus pada 27 November 2022 sekitar pukul 11.30 malam waktu setempat. Foto/USGS
A A A
HONOLULU - Gunung berapi Mauna Loa di Hawaii meletus pada 27 November 2022 sekitar pukul 11.30 malam waktu setempat. Letusan ini merupakan yang pertama kali dalam kurun waktu 38 tahun terakhir.

Survei Geologi Amerika Serikat (United States Geological Survey/USGS) menyebutkan bahwa letusan dimulai di Makuaweoweo, kaldera puncak Mauna Loa, di dalam Taman Nasional Gunung Api Hawaii. Saat ini, aliran lahar terkandung di dalam area puncak dan tidak mengancam masyarakat di lereng bawah.

“Angin dapat membawa gas vulkanik dan mungkin abu halus serta rambut Pele (batuan unik berupa serat halus kaca vulkanik) melawan arah angin. Gempa dilaporkan oleh warga,” demikian keterangan USGS dikutip SINDOnews dari laman Forbes, Senin (28/11/2022).

Baca juga; Gunung Berapi Ini Pernah Meletus 5 Tahun, Air Mancur Lava yang Tercipta Bikin Merinding

Mauna Loa adalah salah satu dari lima gunung berapi, Hualalai (punah), Kohala (punah), Mauna Kea (aktif), Mauna Loa (aktif) dan Kilauea (aktif), yang bersama-sama membentuk Pulau Besar Hawaii. Gunung ini merupakan pulau paling selatan di kepulauan Hawaii.

Gunung Mauna Loa bukan yang tertinggi (tertinggi gunung Mauna Kea), tapi yang terbesar. Gunung ini membentuk sekitar setengah dari daratan pulau itu.

Ukurannya yang sangat besar memungkinkannya menyimpan lebih banyak magma, yang menyebabkan aliran lava lebih besar saat terjadi letusan.

Mauna Loa juga merupakan salah satu gunung berapi paling aktif di Bumi, meletus 33 kali sejak 1843, dengan letusan terakhir terjadi pada tahun 1984.

Baca juga; Tanda-tanda Alam ketika Gunung Berapi Akan Meletus

Getaran pertama yang tercatat pada awal Oktober menunjukkan bahwa magma sedang bergerak di bawah gunung berapi. Berdasarkan peristiwa masa lalu, tahap awal letusan Mauna Loa bisa sangat dinamis dan lokasi serta aliran lahar dapat berubah dengan cepat.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3079 seconds (10.177#12.26)