Terekam Satelit Antariksa, Letusan Gunung Semeru Akan Lebih Dahsyat

Senin, 05 Desember 2022 - 12:36 WIB
loading...
Terekam Satelit Antariksa, Letusan Gunung Semeru Akan Lebih Dahsyat
Gunung Semeru kembali erupsi setelah satu tahun tidak menunjukan tanda-tanda seismik vulkanik. FOTO DOK SINDOnews
A A A
LUMAJANG - Gunung Semeru kembali meletus pada 4 Desember 2022, dan fenomena alam ini berhasil diabadikan oleh kamera satelit antariksa NASA.

Seperti dilansir dari The Sun Senin (5/12/2022), Gunung Semeru di Lumajang-Malang, Jawa Timur, merupakan gunung berapi tertinggi dan paling aktif di pulau Jawa.

BACA JUGA - Gunung Semeru Meletus Tak Menguatkan Isi Ramalan Jayabaya

Penampakan letusan Gunung Semeru yang mematikan terekam detail dari foto luar angkasa yang dirilis laman earthobservatory.nasa.

Peta proxy kerusakan di atas menunjukkan area di permukaan yang rusak oleh aliran piroklastik dan lahar pada Desember 2021.

Warna merah tua mewakili kerusakan paling parah, sedangkan area oranye dan kuning rusak sedang atau sebagian. Setiap piksel berwarna mewakili area seluas 30 meter kali 30 meter (kira-kira seukuran lapangan bisbol).

Rekaman luar biasa lainnya menunjukkan kepulan asap yang memuntahkan 50.000 kaki ke udara.

Gunung Semeru meletus setelah sebagian kubah lava puncak runtuh pada awal Desember dan terdeteksi peningkatan aktivitas seismik.

Setelah lebih banyak kubah lava Semeru runtuh, bagian atas berupa abu panas, tephra, tanah, dan puing-puing lainnya mengalir ke beberapa lembah di sisi tenggara gunung.

Aliran piroklastik adalah salah satu bahaya paling berbahaya yang ditimbulkan oleh letusan gunung berapi. Kadang-kadang berakselerasi hingga kecepatan ratusan kilometer per jam dan menghancurkan apa saja yang dilintasi.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1607 seconds (10.101#12.26)