Cegah Keputihan, Ilmuwan Berhasil Kembangkan Chip Vagina

Minggu, 11 Desember 2022 - 11:10 WIB

Chip vaginan itu nantinya akan membentuk struktur seperti 3D dari dinding vagina manusia. Setelah lima hari, banyak lapisan sel vagina manusia yang berdiferensiasi berkembang.

Peneliti juga memasukkan bakteri berbahaya ke dalamchip (seperti Gardnerella vaginalis) yang terkait dengan bacterialis vaginosis, yang menyebabkan sel epitel rusak, menyebabkan tingkat sitokin proinflamasi meningkat, dan pH meningkat. Jenis reaksi ini sering terlihat saat terjadi perubahan patologis pada vagina manusia akibat mikrobioma yang tidak sehat.

“Sangat mengejutkan bahwa spesies mikroba yang berbeda menghasilkan efek yang berlawanan pada sel vagina manusia, dan kami dapat mengamati dan mengukur efek tersebut dengan mudah menggunakan Chip Vagina kami,” kata peneliti lainnya, Abidemi Junaid. “Keberhasilan penelitian ini menunjukkan bahwa model ini dapat digunakan untuk menguji berbagai kombinasi mikroba guna membantu mengidentifikasi pengobatan probiotik terbaik untuk BV dan kondisi lainnya,” sambungnya.

IFL Science mengatakan metode ini memang perlu terus dikembangkan. Memang akan ada banyak pekerjaan guna mematangkan metoda itu. Tetapi cara itu sangat menjanjikan dan dapat berlanjut untuk mengklarifikasi interaksi epitel-mikrobioma vagina dan juga menguji terapi baru.