Kaleidoskop Sains: 5 Misi Luar Angkasa Terbaik Tahun 2022

Senin, 26 Desember 2022 - 05:31 WIB
Itu bukan prestasi kecil, sebab teleskop ini harus menyelesaikan ratusan langkah untuk mulai beroperasi untuk melihat alam semesta dengan menggunakan sinar inframerah. James Webb sudah beberapa kali merekam gambar sains berkualitas dari planet, galaksi, dan objek lain.

Teleskop James Webb memiliki empat instrumen berbeda yang dapat mengumpulkan data dalam 17 mode berbeda. Webb berencana untuk melihat kembali bintang dan galaksi pertama di alam semesta, serta objek tata surya di dekatnya.

5. China Tuntaskan Pembangunan Stasiun Ruang Angkasa Tiangong
Kaleidoskop Sains: 5 Misi Luar Angkasa Terbaik Tahun 2022

Badan Antariksa Nasional China, yang beroperasi secara independen dari komunitas antariksa internasional karena larangan kerja bilateral AS dengan NASA, telah membangun stasiun antariksa Tiangong pada tahun 2022. Stasiun ini bersifat modular seperti Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), termasuk modul inti dan dua laboratorium.

Setelah membawa kapsul Tianhe dan modul Wentian ke luar angkasa pada April 2021 dan September 2022, China menyelesaikan bentuk dasar stasiun berbentuk T dengan meluncurkan modul Mengtian pada 31 Oktober 2022. Ukuran Stasiun Luar Angkasa Tiangong kira-kira seperlima ukuran ISS.

Taikonaut (astronot) Shenzhou 14 China menjadi kunci proses penyelesaian pembangunan stasiun Tiangong. Mereka menghabiskan waktu lebih dari enam bulan di ruang angkasa sebelum mendarat pada 4 Desember. China berharap stasiun luar angkasa Tiangong beroperasi lebih lama secara permanen dan menjadi tuan rumah misi komersial.