5 Jenis Badai saat Cuaca Buruk, Nomor 3 Sering Terjadi Ketika Hujan Deras

Kamis, 29 Desember 2022 - 17:03 WIB
loading...
5 Jenis Badai saat Cuaca Buruk, Nomor 3 Sering Terjadi Ketika Hujan Deras
Terdapat sejumlah jenis badai saat cuaca buruk terjadi yang bisa diketahui. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah jenis badai saat cuaca buruk terjadi yang bisa diketahui. Perubahan iklim yang sangat cepat seringkali mengakibatkan kenaikan suhu, intensitas hujan yang bertambah bahkan bisa menjadi penyebab terjadinya bencana alam seperti badai.

Dikutip dari e-jurnal, badai merupakan suatu bencana alam yang ditandai dengan angin yang berhembus sangat kencang. Kecepatan angin pada badai bisa berkisar antara 64 sampai dengan 72 knot, sehingga merusak semua benda yang tersentuhnya.

Baca juga : 4 Jenis Badai Siklon Tropis yang Sering Melanda Indonesia

Selain itu, munculnya angin tersebut biasanya ditandai dengan adanya sambaran petir, banjir, hujan deras dan bencana lain yang bisa datang secara tiba-tiba. Oleh karena itu, jika terjadi perubahan cuaca secara ekstrim harus selalu meningkatkan kewaspadaan.

Untuk memahami lebih jauh tentang badai dan jenisnya, simak ulasan lengkap berikut ini.

1. Badai Tornado

Badai tornado atau yang biasa dikenal dengan angin puting beliung merupakan jenis angin yang berputar membentuk corong raksasa dengan angin berkecepatan tinggi.

Munculnya badai ini biasanya disertai dengan hujan, awan gelap dan petir yang bergemuruh. Tornado membawa angin yang sangat kencang, maka tak heran jika ada angin ini dapat terjadi kerusakan parah di setiap tempat.

2. Badai Siklom Tropis

Siklon tropis merupakan jenis badai yang umum terjadi terutama di wilayah tropis seperti Indonesia. Siklon tropis memiliki sebutan mata, yakni sebuah bagian yang berupa lubang melingkar di inti pusat sirkulasinya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3717 seconds (0.1#10.140)