Sejarah Terbentuknya Nama 12 Bulan Masehi, Ternyata Diambil dari Sini

Rabu, 04 Januari 2023 - 16:20 WIB
loading...
Sejarah Terbentuknya Nama 12 Bulan Masehi, Ternyata Diambil dari Sini
Sejarah terbentuknya nama bulan masehi ini rupanya tercipta dari beberapa nama dewa dan bahasa latin. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Sejarah terbentuknya nama bulan masehi ini rupanya tercipta dari beberapa nama dewa dan bahasa latin. Penanggalan saat ini berdasar kalender yang diatur oleh Gregorian Paus Gregorius XIII yang dikenal Kalender Georgian.

Kalender tersebut merupakan modifikasi dari kalender Julius Caesar yang telah ada pada tahun 45 SM. Karena itu nama nama bulan yang ada saat ini berasal dari nama nama dewa, nama festifal dan bahasa latin.

Setiap bulan mulai dari Januari hingga Desember diambil dari referensi dewa atau nama latin yang berbeda beda.

Baca juga : Bros Emas dari Tahun 1150 Masehi, Bertuliskan Huruf Latin Ibrani Pujian untuk Maria

Berikut sejarah nama nama 12 bulan masehi yang dilansir dari britishmuseum.org :

1. Januari

Bulan ini diambil dari nama Dewa Romawi, Janus. Dewa ini memiliki dua wajah yang dapat melihat masa depan dan masa lalu. Dia juga merupakan Dewa Penjaga Pintu Gerbang.

2. Februari

Nama ini berasal dari kata Februum, yang berarti penyucian. Penamaan bulan ini dilakukan setelah festival pemurnian dalam sejarah Romawi Kuno.

3. Maret

Maret berasal dari Dewa Mars (Dewa Perang Romawi). Kalender Romawi awalnya dimulai pada bulan Maret, lalu setelah reformasi kalender barulah bulan Februari dan Januari ditambahkan.

4. April

Mengambil dari kata latin aperrie, yang berarti "membuka" (representasi dari bunga musim semi). Atau ada juga sejarah yang menyebut berasal dari bahasa Romawi Aprillis yang berarti bulan kedua tahun romawi.

5. Mei

Dinamai dari dewi Yunani bernama Maia alias dewi penyubur dan pengawas tanaman di Bumi.

6. Juni

Berasal dari nama Dewi Romawi yakni Juno, yang merupakan dewi pernikahan dan persalinan. Dewi ini juga merupakan istri dari Jupiter, yang merupakan raja para dewa dalam Mitologi Romawi.

Baca juga : Asal Usul Penamaan Bantar Gebang di Kota Bekasi

7. Juli

Nama bulan ini diambil dari nama tokoh terkemuka di Romawi yakni Julius Caesar.

8. Agustus

Bulan ke delapan ini dinamai berdasar nama August, sang Kaisar Romawi untuk menghormati jasanya.

9. September

Berasal dari kata Septem yang diambil dari bahasa latin Romawi yang berarti tujuh. Karena sebelum ditambahkan Januari dan Februari, September merupakan bulan ke tujuh.

10. Oktober

Berasal dari kata Octo yang diambil dari bahasa latin Romawi yang berarti delapan. Karena merupakan bulan ke delapan sebelum ditambahkan Januari dan Februari.

11. November

Berasal dari kata Novem yang diambil dari bahasa latin Romawi yang berarti sembilan. Karena sebelum ditambahkan Januari dan Februari, November merupakan bulan ke sembilan.

12. Desember

Berasal dari kata Decem yang diambil dari bahasa latin Romawi yang berarti Sepuluh. Karena sebelum ditambahkan Januari dan Februari, hanya terdapat 10 bulan saja.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2186 seconds (0.1#10.140)