Rusia Akui Kapal Selam Belgorod Lakukan Uji Coba Peluncuran Torpedo Nuklir Poseidon

Selasa, 10 Januari 2023 - 15:40 WIB
loading...
Rusia Akui Kapal Selam Belgorod Lakukan Uji Coba Peluncuran Torpedo Nuklir Poseidon
Kapal selam Belgorod kelas Oscar II Angkatan Laut Rusia telah melakukan uji coba sistem peluncuran super torpedo nuklir Poseidon. Foto/Eurasian/Military Today
A A A
MOSKOW - Kapal selam Belgorod kelas Oscar II Angkatan Laut Rusia telah melakukan uji coba sistem peluncuran super torpedo nuklir Poseidon. Uji coba tersebut terdiri dari serangkaian tes peluncuran torpedo super nuklir Poseidon.

Dilansir kantor berita TASS yang mengutip sumber dari Kementerian Pertahanan Rusia, kru Belgorod menguji sistem peluncuran Poseidon di berbagai kedalaman. Namun, kapan dan di mana pengujian dilakukan tidak diungkapkan.

Belgorod adalah kapal selam nuklir dengan tujuan atau misi khusus. Tidak seperti kapal selam lain di dunia, Belgorod tidak memiliki sistem peluncuran rudal jelajah atau anti-kapal. Satu-satunya persenjataan kapal selam Belgorod adalah enam torpedo nuklir Poseidon.



Pada 3 Oktober 2022, kapal selam Belgorod dilaporkan menghilang dari radar NATO. Kemudian beberapa media Eropa, di antaranya La Repubblica Italia, menyebutkan bahwa kapal selam Belgorod kemungkinan melakukan pengujian torpedo Poseidon di kawasan Laut Kara.

Spesifikasi Kapal Selam Belgorod
Dikutip dari laman Bulgarian Military, Selasa (10/1/2023), Rusia sampai saat ini masih merahasiakan karakteristik dan spesifikasi kapal selam Belgorod. Asumsi tentang kemampuan kapal selam torpedo nuklir itu didasarkan pada berbagai sumber tak resmi Rusia.

Diperkirakan kapal selam Belgorod membawa awak sebanyak 110 personel, melaju dengan kecepatan 32 knot, dan mampu menyelam selama empat bulan berturut-turut. Kapal Selam Belgorod awalnya merupakan bagian dari Proyek 949A Angkatan Laut Rusia, yang dikenal sebagai kapal selam kelas Antey.

Kemudian, sebelum tahun 2012, Belgorod dirancang untuk dipersenjatai dengan empat tabung torpedo 533 mm. Rencana kapal selam termasuk senjata anti-kapal selam RPK-2 Vyuga, yang membawa hulu ledak nuklir 15 knot.



Kapal selam Belgorod memiliki tabung torpedo untuk meluncurkan torpedo RPK-6 Vodopad/RPK-7 Veter, yang membawa hulu ledak nuklir 200 knot. Pada tahun 2012 kapal selam Belgorod mengalami perubahan pada lambungnya, dengan melepas fasilitas peluncur rudal jelajah.
Rusia Akui Kapal Selam Belgorod Lakukan Uji Coba Peluncuran Torpedo Nuklir Poseidon
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3239 seconds (0.1#10.140)