China Bikin Koin Emas dan Perak untuk Rayakan Pembangunan Stasiun Luar Angkasa Tiangong

Rabu, 11 Januari 2023 - 11:15 WIB
loading...
China Bikin Koin Emas dan Perak untuk Rayakan Pembangunan Stasiun Luar Angkasa Tiangong
Bank Rakyat China mengeluarkan koin emas dan perak, Senin 9 Januari 2023, untuk merayakan selesainya pembangunan stasiun luar angkasa Tiangong. Foto/People Bank of China/Space
A A A
BEIJING - Bank Rakyat China mengeluarkan koin emas dan perak, Senin 9 Januari 2023, untuk merayakan selesainya pembangunan stasiun luar angkasa Tiangong . Kompleks orbit, yang pertama kali diusulkan pada tahun 1992, selesai tahun lalu dengan penambahan dua laboratorium sains pada modul inti.

Koin emas seberat 0,1 ons atau 3 gram menampilkan Tiangong (Istana Surgawi) berbentuk T di bagian belakangnya. Stasiun ruang angkasa ditampilkan dengan pesawat ruang angkasa kru Shenzhou dan kendaraan kargo Tianzhou berlabuh di kedua ujung modul inti Tianhe (Harmony of the Heavens).

Render terukir juga menangkap susunan surya besar yang memanjang dari modul kabin laboratorium Wentian dan Mengtian. Tampak seorang taikonaut China mengenakan pakaian antariksa Feitian di ujung lengan robotik stasiun ruang angkasa.

Baca juga; Rampungkan Pembangunan Stasiun Luar Angkasa Tiangong, China Siapkan 6 Misi Lagi

Desain terbalik dilengkapi dengan logo China Manned Spaceflight Project (CMS), tulisan "China Space Station" (dalam bahasa China) dan denominasi, 50 yuan atau sekitar USD7,40. Koin emas 24 karat 0,7 inci atau 18 milimeter hanya dicetak terbatas sebanyak 20.000 keping.

Koin perak 1 ons atau 30 gram menggambarkan dua taikonaut yang bekerja di luar stasiun ruang angkasa. Salah satu spacewalker dipasang di ujung lengan robot, sementara yang lain setengah keluar dari airlock.

Berbeda dengan koin emas, peringatan perak diwarnai sebagian, dengan latar belakang ruang dibuat dalam warna ungu, merah muda, biru dan hijau yang bercahaya. Di sebelah kiri adegan ekstravehicular adalah representasi kecil dari strategi pengembangan "tiga langkah", atau fase, yang dilalui program luar angkasa China untuk membawa program penerbangan luar angkasa manusia ke tempatnya sekarang.

Tiga langkah yang ditampilkan adalah peluncuran pesawat ruang angkasa berawak, penyebaran laboratorium modul tunggal dan, terakhir, stasiun ruang angkasa multi-modul seperti yang ada saat ini. Seperti koin emas, bagian belakang perak juga menampilkan logo CMS, "Stasiun Luar Angkasa China" (dalam bahasa China) dan denominasi, 10 yuan atau sekitar USD1,50. Koin perak ini berukuran 1,5 inci atau 40 mm dicetak terbatas dibatasi 50.000 keping.

Baca juga; China Pamerkan Sejumlah Foto Spektakuler dari Stasiun Luar Angkasa Tiangong

Koin emas dan perak memiliki desain depan atau depan yang sama yang menampilkan lambang Republik Rakyat China, serta negara (Tiongkok) dan tahun penerbitan. Meskipun koin dirilis pada tahun 2023, tanggalnya adalah tahun 2022, seuai dengan tahun penyelesaian pembangunan stasiun luar angkasa Tiangong.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2495 seconds (11.97#12.26)