Kecoa Ini Bisa Jadi Penyelamat

Selasa, 09 Februari 2016 - 11:32 WIB
Kecoa Ini Bisa Jadi Penyelamat
Kecoa Ini Bisa Jadi Penyelamat
A A A
KECOA merupakan salah satu hewan yang menggelikan, tapi bagaimana jika ternyata kecoa itu ternyata bisa menyelamatkan Anda? Itulah yang dilakukan para peneliti di UC Berkeley saat mendesain CRAM, prototipe robot yang memiliki tampilan seperti kecoa.

Dilansir dari TheVerge, Selasa (9/2/2016), CRAM memiliki persendian exoskeleton dan cangkang yang lembut, sehingga memungkinkan bergerak melewati berbagai ruang kecil. Para peneliti berpikir CRAM bisa menjadi langkah pertama dalam menciptakan sebuah robot pencarian dan penyelamatan yang sangat efektif.

Para ilmuwan di belakang CRAM, Kaushik Jayaram dan Robert Full, berpikir kecoa memiliki gerakan unik yang sempurna untuk bot penyelamatan. Posturnya yang kecil memungkinkan mampu melewati berbagai puing dan ruang terbatas.

Para peneliti melakukan serangkaian percobaan untuk menguji tubuh kecoa Amerika ini menanggapi berbagai lingkungan. Mereka dirancang menghadapi tiga lingkungan khusus untuk menyoroti elemen tertentu, mulai dari celah traversal, ruang terbatas dan reaksi kecoa untuk kekuatan tekan dinamis saat bergerak.

Para ilmuwan menguji celah traversal di ruang horisontal kecil, sedangkan untuk ruang terbatas, kecoa diuji dengan melakukan gerakan di ruang vertikal kecil. Kecoa mampu terus bergerak cepat dalam ruang horisontal sekecil 3mm dan di ruang vertikal terbatas 4mm.

Para ilmuwan juga menguji exoskeleton kecoa dengan mengerahkan kekuatan pada tubuhnya seperti itu, mencoba untuk menavigasi ruang. Mereka menemukan, bahwa kecoa mampu menahan kekuatan 300 kali berat badan mereka, bahkan ketika bergerak melalui celah-celah sempit, dan kekuatan dari 900 kali berat badan mereka tidak cedera.Tes ini mengingatkan para peneliti untuk belum menyelidiki sebagian besar mode gerakan.

Ide kecoa sebagai hewan pencarian dan penyelamatan ini sebetulnya tidak sepenuhnya baru. Pada tahun 2014, para peneliti di North Carolina State University menemukan cara membekali kecoa hidup dengan mikrofon kecil dan kamera, sehingga tim penyelamat bisa lebih mudah mencari korban bencana.

Insinyur di Texas A & M University melakukan hal yang sama. Tahun lalu, tim yang terpisah dari peneliti di UC Berkeley merancang robot yang mirip dengan CRAM disebut VelociRoACH.

CRAM masih dalam tahap prototipe dan hanya diuji di laboratorium sejauh ini. Nantinya, CRAM bisa dilengkapi dengan jangkauan lebih luas tidak sebatas gerakan, tapi lebih kemampuan mengubah, melompat dan memanjat.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6724 seconds (0.1#10.140)