Amerika Serikat dan Inggris Gelar Penelitian Terbesar di Antartika

Selasa, 01 Mei 2018 - 17:01 WIB
Amerika Serikat dan Inggris Gelar Penelitian Terbesar di Antartika
Amerika Serikat dan Inggris Gelar Penelitian Terbesar di Antartika
A A A
LONDON - Amerika Serikat (AS) dan Inggris menggelar proyek gabungan terbesar di Antartika, khususnya wilayah Barat Antartika, Thwaites Glacier.

Proyek senilai USD27,5 juta ini melibatkan 100 ilmuwan dan teknisi dengan rekam jejak kerja yang memadai dari Natural Environment Research Council (NERC) Inggris dan National Science Foundation (NSF) AS. Para ilmuwan disebarkan ke salah satu wilayah yang paling tidak ramah untuk makhluk hidup di muka bumi.

Ilmuwan tersebut tergabung dalam The International Thwaites Glacier Collaboration (ITGC). ITGC merupakan proyek gabungan paling besar yang dilakukan AS dan Inggris di Antartika selama lebih dari 70 tahun terakhir. Tepatnya sejak berakhirnya proyek pemetaan di Semenanjung Antartika pada akhir 1940-an.

Para ilmuwan yang tergabung dalam ITGC bakal memeriksa stabilitas dari Thwaites Glacier yang meleleh dan mengalami kemunduran pesat. ITGC mencatat dan memetakan setiap aktivitas yang terjadi di Thwaies.

Mereka akan memantau pergerakan air laut yang bergerak di bawah dan es yang mencair setiap harinya. Gletser di Antartika sendiri berkontribusi terhadap kenaikan permukaan laut ketika lebih banyak es yang mencair ke laut.

Thwaites merupakan gletser yang mengarah langsung ke laut yang sebagai aliran es seluas wilayah Inggris. Gletser seharusnya seimbang antara jumlah es yang ada dipermukaan dengan jumlah es yang meleleh ke lautan.

Sedangkan Thwaiter jauh dari kata seimbang. Jumlah es yang mengalir kelautan diperkirakan sekitar 40 cm per tahun. Menurut catatan satelit, penipisan ini sudah dimulai sejak 2000-an.

Mengenai penyebab perubahan aliran glitser, hal ini membutuhkan studi tentang struktur es itu sendiri, lautan yang menjadi muara, dan iklim di wilayah tersebut. Proyek melibatkan berbagai macam peralatan dan juga tekhnik, termasuk kapal selam.

Mereka akan menggunakan kapal selam kuning yang dikenal dengan Boaty McBoatface. Pengiriman Boaty McBoatface kedalam lautan yang berisi lorong lorong es dengan tujuan untuk mencari tahu seberapa besar perubahan yang terjadi didalam sana, yang tidak dapat terjangkau oleh manusia.

Boaty akan membantu para ilmuan untuk mengumpulkan data tentang air yang bergerak melalui rongga tebing, mengukur suhu, merespons jika ada pencairan dari es di atasnya.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6832 seconds (0.1#10.140)